Anak Suka Berkata Kasar, Apa Sebabnya?

0
765

Anak suka memaki dan berkata kasar? Ini dilakukan anak, terutama usia praremaja karena ia meniru orang lain. 

Penyebab: Pengaruh nonton film. Umumnya, anak usia ini sudah boleh nonton film remaja yang notabene untuk anak di atas usia mereka. Bukan tidak mungkin ada katakata yang tidak seharusnya mereka dengar. Selain itu, mungkin saja ia melakukannya karena meniru omongan orang-orang yang ada di sekitarnya.

Lakukan ini!
Ajak anak bicara. Katakan kepadanya bahwa apa yang dikatakan itu tidak pantas dan tidak bisa diterima oleh orang lain. Dari sini, buatlah aturan main, yang disepakati bersama. “Atau, beritahu dia kalau lebih baik melakukan aktivitas lain, seperti berolahraga, ketimbang duduk-duduk nonton TV. Bila perlu, masukkan anak ke dalam klub olahraga,” katanya lagi.

Tips:
Bila anak ngomong kasar, jangan langsung marah. Tanyakan dulu apa arti kata yang diucapkan tersebut. Mungkin saja, ia asal meniru dan sama sekali tidak tahu artinya. Tanyakan lagi dari mana ia tahu kata tersebut dan mengapa ia harus mengatakannya? Ingat, ya, Ma. Dalam beberapa kasus, anak berkata kasar secara sengaja karena sama sekali tidak menghargai orang tuanya. Dan, ini bisa terjadi karena ia terlalu dimanjakan. Jadi, orang tua harus bercermin pada diri sendiri dulu.