Cara Meningkatkan IQ pada Anak

0
608

Kecerdasan intelegensia atau lebih dikenal dengan IQ, merupakan salah satu jenis kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan otak untuk menerima, menyaring serta melakukan analisa dan penyelesaian masalah dalam bentuk suatu rangsang informasi, baik dalam bentuk visual, audio ataupun audio-visual.

Dalam dunia pendidikan anak, kecerdasan intelegensia atau IQ, merupakan salah satu syarat dan indikator utama yang berguna untuk optimalisasi proses serah-terima transfer informasi dan pengajaran dari pengajar kepada murid, sehingga anak mampu memberikan respon berupa menangkap, menganalisa serta mengolah input permasalahan yang dihadapinya. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila orangtua selalu berusaha menemukan cara meningkatkan IQ pada anak, mulai dari cara tradisional hingga cara modern.

Kiat dan Tips

Berikut beberapa cara meningkatkan IQ pada anak sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Nutrisi.
    Menurut sebuah penelitian yang pernah dilakukan, dikatakan bahwa tingkat IQ seorang anak akan sebanding dengan asupan nutrisi makanan yang diperolehnya. Asupan makanan gizi seimbang yang mencakup karbohidrat, lemak, protein, vitamin serta mineral penting lain, secara tidak langsung akan berpengaruh juga terhadap tercapainya keseimbangan hormonal dalam tubuh dalam mengoptimalkan berbagai rangsang informasi.
  • Giat berlatih.
    Untuk meningkatkan kecepatan penerimaan, pengolahan, pemrosesan serta analisa data melalui rangsang informasi, giat berlatih memecahkan dan menyelesaikan suatu permasalahan yang berhubungan dengan spasial, visual, serta kemampuan berhitung, secara tidak langsung juga berguna untuk meningkatkan respon rangsangan atau neurotransmitter pada otak. Makin cepat proses rangsang informasi diolah, makin tinggi pula nilai IQ yang dimiliki.
  • Terapi.
    Salah satu jenis terapi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan respon IQ anak terhadap rangsang informasi yang dibawa lewat neurotransmitter adalah terapi akupuntur. Menurut salah seorang praktisi akupuntur yang membuka praktek di kawasan Surabaya, dikatakan bahwa pemberian stimulasi lewat rangsangan titik meridian yang terdapat pada telapak kaki dan tangan, secara tidak langsung berguna untuk meningkatkan kinerja neurotransmitter pengolahan informasi.

Demikianlah beberapa cara meningkatkan IQ pada anak yang sebaiknya perlu diperhatikan orangtua. Namun demikian, hendaknya orangtua juga tidak hanya fokus pada peningkatan kecerdasan intelegensia anak, fokuskan dan kembangkan juga pada kecerdasan sosial-emosional, psikologis atau kemampuan lain yang dimilikinya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.