Inilah Rahasia Hamil Sehat di Usia 30-40 Tahun

0
542

Mungkin anda bertanya-tanya, hamil sehat di usia 30-40 tahun, bagaimana caranya? Atau anda punya pengalaman pribadi? Banyak yang mengatakan bahwa hamil di usia 30 tahun keatas beresiko, lalu bagaimana dengan yang hamil di usia 40 tahun bahkan lebih? Setiap wanita tentunya mendambakan kehamilan yang sehat. Perlu disadari dalam kehamilan, beda usia juga beda kondisi fisik dan mental.

Semakin bertambah usia, kondisi kesehatan juga tidak seperti saat masih muda usia 20-an. Namun, bagi pasangan yang mendambakan keturunan, hamil di usia 30-40 tahun tidak menjadi masalah, asalkan impian mereka punya keturunan bisa terwujud. Hamil di usia yang tergolong tidak lagi muda, secara psikologis ibu hamil akan lebih siap, karena ini adalah usia matang dalam hal karir, keluarga dan finansial. Biasanya ibu hamil akan lebih matang secara mental, lebih tenang dan bahagia dalam menjalankan kehamilannya. Tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait kesehatan reproduksi dan kondisi fisik ibu hamil di usia ini. Yuk kita simak!

  • Pada usia 30-40 tahun, kesehatan reproduksi menurun. Jarak antar ovulasi menjauh, biasanya kesempatan hamil hanya tinggal 15% saja.
  • Kualitas sel telur menurun, sehingga meningkatkan resiko keguguran,terutama saat hamil muda.
  • Elastisitas panggul menurun, sehingga menyulitkan saat melahirkan. Biasanya kemungkinan besar kelahiran melalui operasi caesar.
  • Otot-otot panggul juga melemah, biasanya akan kesulitan saat terjadi perdarahan.
  • Jika pertama kali melahirkan pada usia 40 tahun keatas, kemungkinan melahirkan bayi sindroma down 1 : 100. Jika di usia 45 tahun keatas kemungkinannya 1 : 40.

Namun, pasangan yang mendambakan kehadiran buah hati dalam usia tidak muda lagi tidak perlu khawatir berlebihan. Yang perlu diperhatikan agar bisa hamil sehat di usia 30-40 tahun adalah kondisi kesehatan dan fisik sebelum kehamilan dan selama proses kehamilan.

Begitu juga asupan gizi harus terpenuhi dengan baik. Disaat kondisi kesehatan anda prima, maka kehamilan anda pun insyaAllah akan sehat. Jangan lupa selalu berdo’a kepada yang Maha Pencipta, karena atas izinNya pula kita dianugerahkan kehamilan. Harus diyakini, Allah SWT memilih kita untuk hamil karena kita mampu untuk diberi amanah ini. Jadi, syukuri dan jalani kehamilan ini dengan sebaik-baiknya.

Tetap sehat saat hamil di usia 30-40 tahun

  • Kehamilan harus benar-benar dijaga kondisinya, dengan rajin konsultasi/periksa ke dokter kandungan.
  • AyahBunda harus rileks dan tidak stress. Kecemasan berlebihan harusnya bisa diatasi dengan rasa bahagia akan kehadiran buah hati yang sudah dinantikan.
  • Menjalankan pola hidup sehat sejak merencanakan kehamilan hingga selama proses kehamilan.
  • Hindari kelelahan yang berlebih karena kegiatan di rumah maupun di tempat kerja.
  • Asupan gizi ibu hamil harus tercukupi, terutama makanan yang menagndung asam folat, agar perkembangan janin sehat dan baik. Baca juga: Makanan sehat untuk ibu hamil muda
  • Jangan terlalu mengkhawatirkan resiko kehamilan. Banyak ibu hamil di usia ini yang sukses dan sehat hingga proses kelahiran, dan melahirkan bayi yang sehat dan lengkap.
  • Enjoy your pregnancy! Berbahagialah karena ini kehamilan yang anda nantikan. Ini anugerah dari Sang Pencipta yang harus anda syukuri dan anda jaga.

Demikianlah pambahasan kita tentang hamil sehat di usia 30-40 tahun, bagi anda yang ingin berbagi pengalaman kehamilan di usia ini, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga pengalaman anda akan memotivasi ibu-ibu lain yang saat ini sedang hamil dalam usia 30-40 tahun. Semoga bermanfaat ^^