Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

0
549

Makanan sehat untuk ibu menyusui menjadi modal penting untuk menghasilkan ASI yang berkualitas. Apalagi anda suami istri berkomitmen untuk memberikan ASI eksklusif kepada buah hati. Diawali dengan IMD setelah melahirkan, maka makanan ibu menyusui harus lebih diperhatikan nutrisinya.

Apa yang dimakan ibu, akan berpengaruh kepada asupan gizi bayi yang diberikan melalui ASI. Tentunya menu Ibu menyusui ini mengandung unsur-unsur vitamin dan mineral yang dibutuhkan bagi tumbuh kembang bayi, seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, dan ikan bebas merkuri. Lalu makanan sehat apa yang wajib dikonsumsi ibu menyusui agar kualitas ASI baik?

Selain untuk menghasilkan ASI berkualitas, makanan bergizi sangat penting bagi ibu untuk membantu memulihkan kondisi tubuh pasca melahirkan. Mengembalikan energi dan tenaga untuk siap menjadi ibu terbaik bagi buah hati anda. Tubuh anda dan bayi anda akan sehat bila rajin mengonsumsi makanan ini:

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau sangat menyehatkan, mengandung banyak vitamin dan mineral. Contoh: Bayam, kangkung, brokoli, daun katu, dsb. Sayuran juga merupakan sumber kalsium (non susu), vitamin A dan C, zat besi, antioksidan dan rendah kalori. Membantu memperbanyak produksi ASI yang baik kualitasnya.

2. Sereal

Sereal banyak mengandung vitamin B/Asam folat, penting untuk menambah energi bagi ibu yang begadang merawat bayi pada malam hari. Sangat membantu dalam perkembangan sistem saraf dan kecerdasan anak.

3. Susu/Olahan susu rendah lemak

Keju, Yoghurt, Susu. Mana yang anda pilih sama saja, karena merupakan asupan penting untuk ibu menyusui. Susu tinggi kandungan kalsium yang sangat berguna untuk pertumbuhan tulang bayi.

4. Daging sapi

Bila anda adalah ibu menyusui, anda memerlukan protein tambahan dan vitamin B12. Daging sapi adalah sumber yang sangat baik untuk memenuhinya. Selain itu, daging sapi kaya akan kandungan zat besi, yang dapat meningkatkan energi anda sebagai ibu baru.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber zat besi dan protein nabati. Memiliki khasiat yang beragam, diantaranya memulihkan energi ibu pasca melahirkan, dan sangat penting untuk perkembangan bayi.

6. Roti gandum

Roti gandum banyak mengandung Asam Folat, kaya serat dan zat besi. Pastikan anda banyak mengonsumsi roti gandum untuk kesehatan ibu dan bayi.

7. Buah-buahan

Buah-buahan yang banyak disarankan adalah Blueberry dan Jeruk. Blueberry, kaya akan antioksidan, serat, dan vitamin C. Jeruk, mudah ditemukan dan ibu menyusui sangat membutuhkan vitamin C dosis tinggi lebih banyak daripada ibu hamil.

8. Beras merah

Jika anda ingin segera menurunkan berat badan setelah melahirkan, anda pasti akan mengurangi asupan karbohidrat anda. Tapi kehilangan berat badan terlalu cepat menyebabkan anda menghasilkan lebih sedikit ASI dan membuat anda merasa lesu. Makanlah jenis karbohidrat yang sehat seperti beras coklat / beras merah atau roti gandum untuk menjaga tingkat energi anda.

9. Telur

Menambahkan telur goreng didalam roti gandum saat sarapan akan memenuhi kebutuhan protein dan zat besi harian anda. Kuning telur merupakan salah satu sumber vitamin D, sangat penting untuk pertumbuhan tulang bayi.

10. Air

Untuk menjaga tingkat energi anda dan produksi ASI, pastikan anda tetap terhidrasi dengan baik. Variasikan pilihan anda dalam memenuhi kebutuhan cairan dengan minum jus dan susu, tapi hindari minuman berkafein seperti kopi atau teh.

Demikian share kami tentang Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui, semoga bermanfaat dan mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semangat menyusui! ^^