Rahasia Agar Anak Tidak Mudah Terpengaruh Teman-temannya

0
944

Di masa sekarang ini, pergaulan anak harus menjadi perhatian serius kita para orang tua. Agar anak tidak mudah terpengaruh teman-temannya, diperlukan pengawasan khusus dan cermat.

Sedikit saja lengah, maka anak cepat sekali terpengaruh oleh perilaku, ucapan, maupun gaya berpakaian teman-temannya. Tidak masalah jika anak kita terpengaruh hal-hal positif, lalu bagaimana jika sebaliknya? Perlu diketahui bahwa hal-hal negatif itu lebih mudah diserap olehanak daripada sesuatu yang positif.

Agar anak tidak mudah terpengaruh teman-temannya, kita sebagai orang tua harus bisa lebih dekat dengan anak kita, begitu pula dengan teman-teman anak kita. Kalau sedang berkumpul, coba ajak mereka diskusi tentang hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Bisa juga diskusi tentang tren yang sedang marak. Misalnya, tentang artis/selebritis, gaya hidup, musik, film, dsb. Sambil diskusi dan mengobrol, kita selipkan pesan moral kepada mereka.

Dalam dunia parenting, fase meniru atau ikut-ikutan teman ini biasanya akan melanda anak usia SD. Cara kita membentenginya adalah sediakan banyak waktu bersama untuk mereka. Menjalin kebersamaan dan kedekatan yang berkualitas. Jadilah orang tua favorit, orang tua yang disenangi, orang tua yang dicontoh dan diteladani anak. Itu bisa terwujud jika kita menyediakan banyak waktu untuk anak, sehingga yang ditiru anak adalah kita, bukan teman-temannya.

Fase meniru ini merupakan bagian dari proses tumbuh kembang anak kita. Orangtua harus memiliki cara jitu dalam menghadapinya, agar anak tidak mudah menjadi peniru hal-hal negatif dari lingkungannya. Sudah menjadi kewajiban bagi setiap orangtua membekali dirinya dengan ilmu pangsuhan (parenting), terutama yang relevan dengan era modern. Jika cara-cara ini berhasil diterapkan, maka AyahBunda sudah sedikit lega karena anak kita sudah terbentengi walaupun tetap fungsi pengawasan orangtua masih sangat dibutuhkan.

Demikian sharing kita sedikit tentang bagaimana agar anak tidak mudah terpengaruh teman-temannya. Silahkan bagi AyahBunda yang ingin berbagi, langsung saja tulis di kolom komentar. Mohon maaf jika dalam tulisan ini masih banyak kekurangan dan keterbatasan. Ini artikel pertama, masih harus banyak belajar. Semoga info yang sedikit ini bermanfaat.