Tips agar Anak suka Mandi

0
588

Salah satu hal yang bisa membuat anak-anak enggan mandi adalah karena tidak mau waktu bermainnya terganggu. Makanya, biasakan memberi waktu bagi anak untuk bersiap-siap sebelum menyuruhnya mandi.

Misalnya, dengan mengajaknya mandi sekitar 5 menit sebelum acara mandi dimulai. Dengan begitu, anak punya kesempatan untuk menyelesaikan permainannya dulu sebelum beranjak ke kamar mandi.

1. Sederhanakan prosesnya
Memangkas tahapan yang membuat acara mandi terasa kompleks dan ’ribet’ akan membuat acara mandi terasa lebih menyenangkan. Memisahkan acara mandi dengan sikat gigi, misalnya, akan membuat anak-anak yang usianya kecil memfokuskan perhatian pada acara bermain air. Pada anak yang lebih besar, Anda bisa membantu memutarkran air panas dan dingin pada shower hingga mencapai suhu ideal sebelum anak mulai mandi.

2. Pilih perangkat mandi yang sesuai
Sabun mandi dewasa bisa mengakibatkan rasa sakit jika terpercik ke dalam mata dan hidung. Pengalaman buruk itu bisa membuat anak menghindari acara mandi. Untuk menghindarinya, gunakan produk mandi—sabun dan shampoo, sesuai usia anak. Produk yang tak pedih di mata dan mengandung pelembap adalah pilihan ideal untuk memelihara kulit balita.

3. Gayung vs pancuran
Jika biasanya Anda memandikan anak dengan menggunakan bak mandi dan gayung, cobalah sesekali menyelinginya dengan shower. Lakukan sebaliknya jika Anda terbiasa memandikan anak dengan air pancuran. Sesekali, tak ada salahnya pula mengizinkan anak mandi dengan menggunakan selang air di kebun belakang. Berbagai variasi cara ini terkadang bisa menjadi cara jitu untuk menghilangkan rasa bosan dan membuat si kecil tertarik untuk mandi.

4. Mandi sambil bermain
Jadikan acara mandi sebagai bagian dari ajang permainan. Kapal-kapalan, bebek mainan, ikan-ikanan dari karet, boneka plastik, dan pistol air biasanya sukses menjadi magnet untuk memikat anak di kamar mandi. Minta anak memilih sendiri mainan apa saja yang hendak dibawanya dan biarkan ia memandikan, mengeramasi, ataupun mengajak mainannya belajar berenang sama-sama. Membuat ‘ramuan ajaib’ dari campuran sabun, shampoo, dan pasta gigi juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan baginya.