Urutan Tumbuh Gigi pada Anak

0
738
Umumnya, gigi susu tumbuh pada saat anak berusia 6 bulan. Meski begitu,  kadang bisa tumbuh kurang atau lebih dari usia 6 bulan. Dan, urutan tumbuhnya gigi geligi adalah:
1. Gigi seri satu pada saat bayi berusia 6 – 7 bulan. Fungsinya? Memotong makanan.
2. Gigi seri dua di usia 7 – 9 bulan. Berfungsi memotong makanan.
3. Gigi taring di usia 16 – 18 bulan. Fungsinya adalah mencabik makanan.
4. Gigi geraham pertama di usia 12 – 14 bulan. Berfungsi  menghaluskan makanan.
5. Gigi gerham dua di usia 20 – 24 bulan. Fungsinya adalah menghaluskan makanan.

 

Nah, tumbuhnya gigi susu sangat bervariasi. Kadang lebih cepat, kadang bisa pula lebih lambat. Yang penting, Anda harus selalu memperhatikan kebersihan mulut dan gigi anak. Bila gigi mau tumbuh, biasanya bayi rewel karena rasa gatal dan rasa nyeri yang timbul.

Sebenarnya, hal ini terjadi karena gigi merobek gusi pada saat mau tumbuh. Bagaimana caranya mengatasi kerewelan bayi pada saat giginya tumbuh? Anda bisa melakukan beberapa hal, seperti mengusap-usap gusi anak dengan handuk dingin, memberi mainan untuk digigit (salah satunya adalah teether yang sudah dimasukkan ke dalam kulkas terlebih dulu.

Nah, sensasi dingin dari teether akan memberi rasa nyaman pada bayi), memberi finger food dalam ukuran yang mudah digenggamnya dan mudah lumer di mulut bayi, atau obat khusus dalam bentuk salep bayi tumbuh gigi yang tersedia di apotik.

Jika Anda ingin kesehatan gigi dan gusi si kecil optimal, berikan makanan yg bernutrisi, sepertistrawberry, brokoli, jamur shitake, apel, wortel, seledri, jeruk, nanas, keju, dan kiwi. Kapan diberikannya? Tergantung usia dan tingkat sensitivitasnya.

Lalu, untuk gigi yang baru tumbuh, Anda bisa membersihkannya dengan kain kasa atau lap lembut yang basah. Sebenarnya, gigi yang baru tumbuh bisa disikat dengan sikat gigi khusus bayi jika anak sudah mengerti dan tidak memberontak. Jangan gunakan pasta gigi. Cukup basahi sikat gigi dan jangan lupa membersihkan bagian dalam gigi. Kapan dibawa ke dokter gigi? Ketika gigi baru tumbuh, anak sudah bisa dibawa ke dokter gigi.

Jadi, ia bisa familiar alias tidak takut dengan dokter gigi dan jangan membawanya hanya saat sakit gigi. Biasakan memeriksakan gigi anak secara teratur. Tip untuk orang tua? Hindari memberi anak makanan yang manis, kunjungi dokter gigi secara rutin, harus rajin menyikat gigi anak, serta perhatikan asupan nutrisi anak.