Ini Berat Badan Ideal Ibu Hamil yang Harus Anda Ketahui

0
602

Ketika Anda tahu bahwa Anda mulai hamil, Anda menyadari satu hal yang pasti: berat badan Anda pasti akan naik. Kabar baiknya adalah bahwa untuk sekali dalam hidup Anda, naik beberapa kilo tidak perlu dikhawatirkan. Bahkan, kenaikan ini adalah bagian yang sehat dan memerlukan proses. Tapi bagaimanakah sebenarnya berat badan ideal selama kehamilan itu? Berapa kilokah kenaikan berat badan bisa dikatakan terlalu banyak atau terlalu sedikit?

Jika Anda kekurangan berat badan sebelum hamil, maka Anda mungkin perlu mendapatkan beberapa kilo lebih dari rata-rata calon ibu lainnya. Wanita yang tidak menambah berat badan yang cukup selama kehamilan beresiko tinggi untuk mengalami kelahiran prematur, memiliki bayi dengan berat badan lahir rendah, dan menderita komplikasi lainnya.

Tapi jika Anda kelebihan berat badan sebelum masuk masa kehamilan, Anda mungkin perlu menjaga berat badan Anda dengan memeriksakannya secara berkala. Kelebihan berat badan atau terlalu banyak jumlah penambahan berat badan selama kehamilan dapat mengakibatkan komplikasi seperti tekanan darah tinggi, diabetes gestasional, cacat lahir, atau memiliki bayi besar.

Jangan khawatir jika Anda sedang hamil atau mencoba untuk hamil dan Anda tidak memiliki berat badan yang ideal. Tidak ada kata terlambat untuk mulai memiliki pola makan dan olahraga untuk kembali mendapatkan berat bada ideal untuk ibu hamil.

Berapa Banyak Berat Badan yang Harus Anda Dapatkan?

Jumlah berat badan ideal yang Anda harus dapatkan selama kehamilan ditentukan oleh Indeks Massa Tubuh (IMT) sebelum masa kehamilan, yang mengukur berat badan Anda dalam kaitannya dengan tinggi badan Anda. Berikut adalah cara untuk menghitung IMT Anda:

Anda berat badan sebelum kehamilan = … kg
Tinggi badan Anda: … m (misalnya 165cm adalah 1,65 m)
IMT= Berat / (tinggi x tinggi) = …kg / m²

Katakanlah Anda ditimbang 62kg sebelum Anda hamil dan tinggi Anda 1,65 m, maka:
BMI = 62 / (1.65×1.65) = 62 / 2,72 = 22,8
Menurut WHO (World Halth Organization), jika IMT Anda:
Kurang dari 18,5 (kekurangan berat badan), maka Anda harus mendapatkan antara 12½kg dan 18kg
18,5-24,9 (berat badan normal), maka Anda harus mendapatkan antara 11½kg dan 16kg
25-29,9 (kelebihan berat badan), maka Anda harus mendapatkan antara 7 kg dan 11½kg
30 atau lebih (obesitas), maka Anda harus mendapatkan antara 5kg dan 9kg.

Jika Anda mengandung bayi kembar atau kembar tiga, Anda akan perlu untuk mendapatkan berat badan lebih banyak selama kehamilan Anda. Bicarakan dengan dokter Anda untuk mencari tahu persisnya berapa banyak Anda berat badan yang harus Anda dapatkan, tergantung pada kondisi kesehatan Anda.

KEMANAKAH PERGINYA SEMUA BERAT BADAN ITU?
Jika bayi Anda beratnya hanya beberapa kilo saat lahir, Anda mungkin bertanya-tanya kemana semua berat yang Anda dapatkan dulu. Berikut adalah beberapa perhitungan berat secara rata-rata:

Bayi: 3,0 sampai 3.6kg
Plasenta: 0.7kg
Cairan ketuban: 1kg
Uterus yang lebih besar: 1kg
Peningkatan volume darah: 1.4 sampai 1.8kg
Ekstra cairan: 1.4 sampai 1.8kg
payudara lebih besar: 1kg
toko lemak: 2,7 3.6kg

KEUNTUNGAN TRIMESTER PERTAMA
Selama tiga bulan pertama kehamilan, perempuan harus mendapatkan hanya 1-2kg, terlepas dari IMT sebelum hamil. Sebenarnya Anda tidak benar-benar membutuhkan kalori ekstra pada trimester pertama, sehingga ‘makan untuk berdua’ hanyalah mitos.

Jika Anda mengalami morning sickness dan mengeluarkan semua yang Anda makan, Anda mungkin tidak mendapatkan banyak berat badan – Anda bahkan mungkin kehilangan beberapa kilo. Kondisi ini tidak perlu membuat Anda khawatie, Anda bisa mendapatkan berat badan lagu pada trimester kedua dan ketiga.

Di sisi lain, ngemil secara teratur selama kehamilan mungkin menjadi satu-satunya obat jika Anda terus menderita mual. Tapi praktek ini bisa menyebabkan penambahan berat badan di atas rata-rata. Cobalah untuk tidak menggunakan morning sickness (atau mengidam) sebagai alasan untuk mengonsumsi makanan olahan yang tidak sehat.

Jika karbohidrat seperti biskuit dan roti adalah satu-satunya hal yang bisa masuk perut, cobalah berbagai makanan kaya gandum, yang akan memberikan lebih banyak nutrisi dan energi. Dan jika Anda mendambakan gula, isi kulkas dan lemari dapur Anda dengan buah daripada cokelat dan es krim.

Lakukan yang terbaik untuk mengikuti pedoman berat badan, tapi jangan panik jika Anda tidak mendapat berat badan yang Anda inginkan. Berkonsultasilah dengan dokter Anda untuk berat badan ideal sesuai kondisi tubuh Anda.

KEUNTUNGAN TRIMESTER KEDUA DAN KETIGA
Ikuti panduan ini dari mulai awal trimester kedua Anda hingga Anda melahirkan. Jika Anda IMT pra-kehamilan Anda adalah:

Kurang dari 18,5, maka Anda harus mendapatkan ½kg / minggu

18,5-24,9, maka Anda harus mendapatkan 400g / minggu

25 atau lebih, maka Anda harus mendapatkan kurang dari 300g / minggu

Anda akhirnya bisa makan lebih banyak! Dalam rangka untuk menjaga berat badan Anda tetap sesuai, Anda harus meningkatkan asupan energi harian Anda sekitar 200-260 kalori. Sebelum Anda memesan makanan siap saji yang besar, perlu diingat bahwa jumlah ini kalori setara dengan satu cangkir susu dan pisang besar.

Pada trimester kedua, mual dan morning sickness mulai berkurang. Di satu sisi, Anda dapat ngemil lebih dari sekedar kue kering – tetapi di sisi lain, Anda bisa kalap dan memilih makanan siap saji yang tidak sehat. Jika Anda belum melakukannya, sekarang saatnya untuk merencanakan makanan sehat.