Lakukan 9 Hal ini untuk Melakukan Pertolongan Pertama Jika Anak Demam di Malam Hari

0
451

Demam memburuk pada malam hari karena suhu tubuh naik secara alami di malam hari. Akibatnya, demam yang ringan di siang hari dapat naik dengan mudah ketika tidur. Pada anak-anak, demam akan menyebabkan ketidaknyamanan.

Demam, panas, suhu tubuh naik. Demam adalah kondisi dimana suhu tubuh melebihi suhu normal tubuh manusia yang berkisar antara 36 ºC hingga 37,5 ºC. Batasan demam tergantung usia dan jenis pengukuran atau lokasi pengambilan suhu.

Untuk anak balita, dia dikatakan demam, jika suhu tubuhnya yang diukur di:
– mulut, telinga, atau ketiak adalah 38 ºC atau lebih.
– dubur adalah 38,5 ºC atau lebih.

ORANG TUA TIDAK PERLU BURU-BURU PANIK, KARENA ANAKNYA YANG DEMAM BELUM TENTU SAKIT.
Peningkatan suhu tubuh ini disebabkan oleh beredarnya suatu molekul kecil di dalam tubuh kita yang disebut pirogen, atau dikenal dengan sebutan zat pencetus panas. Peningkatan pirogen ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, antara lain imunisasi, pertumbuhan gigi, alergi, infeksi, dan radang.

Itu sebabnya, orang tua tidak perlu buru-buru panik, karena anaknya yang demam belum tentu sakit. Yang sebaiknya dilakukan orangtua saat menemukan bahwa anaknya demam adalah mencari tahu penyebabnya dan memahami kapan saat yang tepat membawanya ke dokter.

Demam yang disebabkan infeksi kuman penyakit sebenarnya merupakan mekanisme tubuh untuk bertahan dalam menghadapi masuknya benda asing atau kuman penyakit (virus, bakteri atau parasit) ke dalam tubuh. Pada bayi dan anak-anak, demam biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Cirinya antara lain terjadi tiba-tiba dan suhunya tinggi biasanya disebabkan oleh masuknya virus. Demam jenis ini biasanya akan turun sekitar 2 atau 3 hari.

Satu hal yang perlu diingat, suhu tubuh anak balita mudah meningkat bukan hanya karena adanya infeksi kuman, tetapi juga akibat aktivitas sehari-harinya, seperti melompat atau berlari-larian di terik matahari. Untuk itu, pengukuran suhu sebaiknya tidak dilakukan sehabis anak makan atau melakukan aktivitas.

LAKUKAN 9 HAL BERIKUT UNTUK PERTOLONGAN PERTAMA:

1. Periksa suhu anak. Lakukan lewat dubur jika anak berusia di bawah 6 bulan.

2. Jika usianya lebih dari 1 tahun, berikan Asetaminofen.

3. Tunggu setengah jam dan periksa suhunya lagi.

4. Jika belum mulai turun, berikan ibuprofen juga.

5. Asetaminofen dapat diberikan setiap 4 jam, ibuprofen diberikan setiap 6 – 8 jam.

6. Anak dapat dimandikan pada suhu ruangan (25° – 27° C) untuk membantu mendinginkan suhu tubuhnya.

7. Pastikan anak tetap terhidrasi dengan memberikan air, susu formula atau ASI jika masih bayi sebelum anak kembali tidur.

8. Untuk demam di atas 38° C pada bayi dibawah 3 bulan, perlu penanganan langsung oleh dokter.

9. Segera bawa ke dokter jika suhu tinggi disertai dengan kelesuan, muntah, diare, leher kaku, atau ruam yang tidak biasa.