Pengawasan Video Game Pada Anak

0
367

Menurut penelitian, adanya berita atau gambar kekerasan pada media termasuk video game menimbulkan resiko kejahatan yang signifikan bagi anak-anak dan remaja. Selain menimbulkan tindakan yang mengarah pada kekerasan, hal ini juga dapat membuat perilaku yang cenderung agresif serta perasaan takut untuk dirugikan.

Orang tua perlu mengetahui apa game yang dibeli oleh anak-anak mereka dan komunikasi mengenai game yang dimainkan antara si kecil dengan teman-teman (baik ketika bermain di rumah sendiri maupun di rumah temannya). Sebagai referensi game yang baik untuk anak, sebaiknya Mam mengetahui rating game tersebut.

Rating video game tersebut dapat dicek pada Entertainment Software Rating Board (ESRB). Pahami juga cara mengatur kontrol orang tua pada hardware permainan yang populer termasuk Microsoft, Xbox, Nintendo Wii, dll.

Mam juga dapat mengecek game-game terbaik untuk anak dengan memanfaatkan search engine Google untuk melihat review dari sesama orang tua lainnya dari berbagai negara. Semakin banyak sumber informasi yang Mam miliki, semakin luas pengetahuan Mam mengenai proteksi dini kepada anak.

Berikut beberapa tips yang berguna bagi orang tua untuk memantau dunia game yang berubah dengan cepat:

Periksa peringkat game yang biasanya terdapat pada cover depan sampul game. Baca juga deskripsi game tersebut yang terdapat pada bagian belakang cover game. Kunjungi situs ESRB tersebut untuk mencari rating informasi sebelum pergi membeli.

Bicaralah dengan orang tua lain untuk berbagi informasi mengenai game yang baik untuk anak dan belajar mengenai komputer dan video game.

Memantau anak ketika bermain. Sama halnya dengan TV, film, dan internet, menyadari dan terlibat secara langsung dalam media yang dikonsumsi anak lebih baik.

Mempelajari dan menggunakan kontrol orang tua. Semua perangkat terbaru video game serta sistem operasi terbaru menawarkan kemampuan untuk membatasi jenis konten apa saja yang bisa diakses oleh anak-anak. Pastikan bahwa perangkat terdapat fitur kontrol orang tua dan fitur tersebut aktif.

Bermain komputer dan video game bersama anak. Bermain game dan berbicara mengenai permaian dengan si kecil sesering mungkin. Ini merupakan cara baik yang dapat dilakukan bersama-sama dengan cara yang menyenangkan.