Tips Agar Anak Mencintai Musik

0
363

Ada banyak cara untuk menanamkan rasa cinta anak kepada musik. Cara paling ampuh tentu saja apabila musik memang menjadi budaya yang dicinta dalam keluarga. Cara termudah menanamkan rasa suka pada anak adalah apabila kita sendiri mencintai hal tersebut.

Lalu bagaimana jika Anda sendiri tidak terlalu merasa pandai bermusik tapi menginginkan anak-anak tumbuh dengan rasa cinta pada musik. Semoga tips berikut bisa membantu:

1. Bernyanyi kepada anak.
Mulailah bersenandung kepada anak bahkan sejak dia dalam kandungan. Jangan ragu walau Anda merasa suara Anda biasa-biasa saja, karena bagi anak Anda, suara Anda adalah suara termerdu, terhangat yang akan terbawa hingga mereka dewasa.

2. Menari bersama anak
Jika Anda tetap merasa sulit untuk bernyanyi, Anda bisa memutar lagu dan mengajaknya menari. Lagi-lagi, tidak perlu merasa bahwa Anda tak mampu menari. Karena yang dibutuhkan anak adalah kebersamaan & rasa bahagia karena tertawa menari bersama Anda.

3. Masukkan lagu dalam kegiatan.
Bernyanyilah ketika mengajak anak mandi, beres-beres kamar, atau pun belajar. Anda bisa menggunakan lagu yang sudah ada, atau lagu yang kata-katanya Anda karang sendiri menyesuaikan kondisi.

4. Berbagi lagu kenangan
Suatu hal yang terkenang olehku saat kecil, adalah lagu-lagu yang diajarkan ibuku dulu. Lagu-lagu ini kemudian aku turunkan kepada anak-anakku. Salah satu kesukaanku adalah seperti lagu-lagu daerah yang sekarang sudah jarang dinyanyikan oleh anak-anak, lagu pramuka, dan lain-lain. Berbagi lagu kenangan dengan anak membantu mereka untuk memahami bahwa ada beragam jenis musik yang bisa dia apresiasi.

5. Nonton film drama musikal
Sekarang sudah banyak di TV lokal atau TV berbayar yang menyajikan film-film drama musikal. Jika perlu, beli VCD Laskar Pelangi atau Sound of Music lalu tonton bersama. Ini adalah cara yang sangat menyenangkan untuk memperlihatkan betapa musik itu sangat rekat hubungannya dengan dunia kita.

6. Nonton konser atau live music
Jika memungkinkan, ajak anak untuk nonton konser live. Ada perbedaan yang cukup signifikan antara menonton konser melalui TV dengan datang langsung. Anak akan merasakan suasana yang baru yang pasti akan memperkaya pengalaman mereka. Pastikan Anda tidak duduk terlalu dekat dengan pengeras suara. Menonton konser adalah salah satu cara terbaik untuk memperkenalkan anak dengan beragam jenis alat musik.

7. Kursus
Jika dalam perkembangannya anak menunjukkan minat kepada sebuah alat musik tertentu, maka berinvestasilah dengan mengirimkan anak ke tempat kursus belajar musik. Yakinkan Anda memilih tempat kursus yang sesuai dengan usia anak Anda.