Anak-anak mulai mengenal dunia melalui mata mereka, mata sebagai salah satu organ vital tubuh sudah selayaknya mendapatkan perawatan dan perhatian sejak dini. Pemberian Nutrisi yang tepat pada anak akan sangat membantu perkembangan penglihatan mereka sampai dewasa nantinya.

Merawat kesehatan mata anak dapat di lakukan dengan dengan beberapa cara mudah seperti menjaga jarak saat anak melakukan aktivitas seperti menulis atau membaca, saat menonton televisi, olahraga, mengatur waktu anak saat bermain game dan tentunya memperhatikan asupan makanan anak.

Beberapa jenis makanan yang baik untuk mata anak:

  1. Susu, semua anak tentunya sangat menyukai susu yang sangat banyak manfaatnya. Vitamin D pada susu dapat melindungi ketajamanNutrisi Untuk Mata Anakpenglihatan.
  2. Wortel, sudah sangat umum bahwa wortel sangat bagus untuk mata karena betakaroten yang terdapat di dalam wortel mengandung vitamin A yang diperlukan oleh mata. Wortel bisa di kenalkan pada anak sejak kecil karena wortel bisa di olah dengan berbagai menu makanan lain nya.
  3. Kuning Telur, kandungan lutein pada kuning telur merupakan antioksidan yang melindungi mata dari katarak dan penambahan minus mata. Lutein tidak hanya terdapat pada telur tapi juga bisa di peroleh dari bayam, brokoli atau sawi.
  4. Alpukat, selain lutein di dalam alpukat juga terdapat vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Anak dapat di kenalkan dengan jenis buah yang satu ini semenjak usia 6bulan dengan cara di blender atau pure buah.
  5. Ikan Salmon, mengandung Omega3 yang baik untuk kesehatan mata terutama anak-anak.  Selain omega3 ikan salmon juga mengandung vitamin A, Vitamin D dan asam folik
  6. Tiram, manfaat kandungan seng pada tiram dapat menjaga mata dari efek berbahaya seperti sinar ultraviolet. Selain pada tiran, seng juga terdapat pada kepiting, lopster dan daging sapi. Jangan berikan tiram yang masi mentah ke anak karena dapat terjadi kemungkinan terkontaminasi oleh bakteri.

Adapun beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk mata antara lain:

  1. Protein yang banyak terdapat pada daging sapi, daging ayam, susu ataupun ikan
  2. Vitamin A, sangat berperan untuk menjaga kesehatan mata yang banyak terdapat pada susu, telur, bayam, wortel dan paprika
  3. Vitamin C, berperan pada lensa mata agar terhindar dari katarak yang banyak terdapat pada kembang kol, cabe, tomat, jeruk dan apel
  4. Kalsium yang banyak terdapat pada udang, ikan, rumput laut dan kacang-kacang

Dengan mengetahui nutrisi yang baik untuk mata anak di atas semoga bisa membantu mom utuk memilih jenis dan menu makanan yang sehat untuk si kecil.