Mana yang Lebih Baik, Jus atau Potongan Buah?

0
766

Ada beberapa cara untuk mengenalkan buah-buahan pada anak sejak usia dini, bisa dengan di blender, jus atau cukup di potong. Tentunya pada anak usia 6-12 bulan baru bisa mengonsumsi buah dengan cara di blender. Bagaimana dengan anak usia di atas 12bulan?

Mengonsumsi buah secara utuh atau di potong merupakan cara yang paling baik dibandingkan cara lainnya karena gula darah dalam tubuh akan naik secara perlahan-lahan serta merangsang enzim di dalam rongga mulut yang baik untuk pencernaan anak.

Keuntungan lainnya adalah tidak rusak nya kandungan nutrisi dan serat yang terdapat pada buah. Adapun fungsi serat untuk tubuh terutama pada anak-anak yaitu membuat anak merasa kenyang sehingga dapat menekan nafsu makan anak dan menghindari anak dari pola makan yang berlebihan artinya obesitas pada anak dapat di cegah.

Bagaimana jika anak tidak suka memakan buah yang di potong? Pilihan lainnya tentu dengan memberikan jus buah pada anak, hanya saja dengan pemberian cara seperti ini kandungan serat yang terdapat pada buah akan banyak terbuang. Di sisi lain pemberian jus pada anak juga memiliki kelebihan dimana anak dapat mengonsumsi 2 atau lebih macam buah dalam 1 gelas jus.

Yang perlu di perhatikan dalam pembuatan jus adalah pilihlah buah yang utuh dan matang, hal ini penting karena buah yang terlalu matang akan menyebabkan kandungan gizi di dalamnya menjadi berkurang. Bila ingin menambahkan rasa manis pada jus sebaiknya gunakan madu dan hindari pencampuran dengan pemanis buatan.

Ajarkan anak untuk mengonsumi buah dalam potongan segar karena manfaat nya jauh lebih baik. Pilihlah buah yang dapat menarik minat anak untuk mengonsumsinya seperti pepaya,semangka atau melon yang diberikan dengan variasi potongan atau campuran beberapa buah dalam satu wadah dengan tampilan yang menarik sehingga ini akan menjadi kebiasaan anak mengkonsumsi buah dalam potongan segar.