Panduan Menu Makanan Padat Gizi untuk Bekal Sekolah Sang Anak

0
1377

Sebagai orang tua, kita harus menjaga kesehatan anak dan sebisa mungkin mengawasi asupan nutrisi anak. Nah, untuk anak usia sekolah mungkin kita akan lebih sulit lagi untuk mengawasi mereka, karena biasanya banyak penjual aneka makanan yang bebas menjajakan dagangannya di sekolah. Anak-anak yang belum bisa membedakan mana makanan yang sehat dan berbahaya ini bisa dengan bebas membeli dan mengonsumsi aneka jajanan tersebut. Padahal dalam jajanan tersebut, ada zat-zat kimia (pewarna, pengawet, pemanis) yang mengancam kesehatan buah hati Anda.

Untuk mengurangi kebiasaan jajan sembarangan, maka Anda bisa menyiasatinya dengan tidak memberi uang saku dan menggantinya dengan membawakan bekal makanan dari rumah. Mungkin awalnya mereka akan protes dengan kondisi ini, namun Anda harus menjelaskan alasan yang tepat dengan bahasa yang mudah dimengerti dan jangan lupa memberinya pengertian akan pentingnya makanan sehat. Berikut panduan Menu Makanan Padat Gizi Untuk Bekal Sekolah, yang bisa Anda terapkan di rumah.

  1. Memiliki kelengkapan gizi dan seimbang yang biasanya terdiri atas karbohidrat, protein, vitamin, lemak, mineral dan air.
  2. Siapkan bekal anak dengan menu praktis dan mudah penyiapannya.
  3. Prinsip makanan bekal adalah mengenyangkan, karenanya jangan lupakan karbohidrat dan makanan kaya serat.
  4. Untuk mencukupi asupan cairan, Anda bisa membawakan air putih, susu, atau jus buah.
  5. Agar anak senang, ajaklah dia memilih menu bekalnya sendiri.
  6. Hindari memberikan bekal berupa snack atau makanan lain yang terlalu manis yang mengganggu selera makan anak dan tidak baik untuk kesehatan.
  7. Untuk menghindari rasa bosan, Anda harus kreatif dan inovatif dalam mengolah dan menyajikan bekal anak sekolah, misalnya nasi goreng selimut, nasi goreng aneka bentuk tokoh kartun kesayangannya, dan lain sebagainya.
  8. Gantilah menu makanan bekal anak setiap harinya, pilih menu-menu yang unik dan menarik, misalnya ayam bersarang (ayam yang digoreng dengan kocokan telur).
  9. Pilihlah tempat makan dan minum yang unik dan menarik, sehingga anak merasa percaya diri dan bangga membawa bekal makanan dari rumah.

Panduan Menu Makanan Padat Gizi Untuk Bekal Sekolah tersebut diatas tentunya cukup membantu Anda menjadi ibu siaga untuk buah hati Anda. Intinya, menyiapkan makanan bekal untuk anak dibutuhkan kecermatan dan kecerdasan Anda para ibu. Selain rasa masakan yang lezat, kandungan nutrisi yang seimbang, penampilan makanan yang menarik juga wajib diprioritaskan. Jika Anda merasa kesulitan dalam plating, maka Anda bisa belajar melalui buku, majalah kuliner dan juga internet. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi Anda semua.