Begini 8 Langkah Mengenalkan Anak pada Kebiasaan Membaca

0
600

Tingkat literasi atau kemampuan membaca buku orang Indonesia masih terbilang mudah. Hal itu terjadi lantaran membaca belum menjadi kebiasaan yang dianut oleh orang Indonesia. Meski begitu, kini para orangtua yang sadar bahwa membaca itu penting mulai membiasakan anak-anak mereka akrab dengan bacaan ringan.

Kebiasaan itu sebenarnya bisa dimulai ketika anak masih di usia dini atau balita meskipun mereka belum bisa membaca. Peran orangtua lah yang harus diperbanyak untuk mendampingi para balita mengenal kebiasaan membaca.

Lalu apa sebaiknya dilakukan orangtua untuk melatih atau membiasakan bacaan pada balita mereka? Biasanya memulai kebiasaan membaca sejak dini adalah dengan mulai membacakan cerita dongeng pada anak. Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia, ahloo mau berbagi tips buat para orangtua bagaimana mendampingi anak mengenal kebiasaan membaca.

1. Pilihlah Waktu yang Tepat

Waktu yang tepat untuk memulai membacakan dongeng atau cerita adalah ketika kondisi si anak tenang. Biasanya saat ia sudah makan atau sudah tidur.

2. Lokasi yang Nyaman

Pilihlah lokasi yang nyaman untuk mendampingi mereka dengan suasana yang tenang, penerangan cukup, dan jauh dari kebisingan.

3. Pilih Buku Bacaan yang Pendek

Tidak perlu cerita panjang atau buku yang tebal. Pilihlah satu judul cerita pendek yang penuh gambar berwarna-warni.

4. Posisi yang Nyaman untuk Anak

Tempatkan anak atau balita pada pangkuan dengan posisi wajahnya menghadap isi buku. Namun jika dia lebih suka dengan posisi lain tak perlu dipaksakan harus dipangku.

5. Jangan Membaca Terlalu Cepat

Bacalah dengan tempo yang tidak terlalu cepat dan interaktif. Ajak si anak untuk berkomentar soal isi buku meskipun ia belum dapat berbicara.

6. Biarkan Anak Ikut Berinteraksi

Biasanya balita akan sangat tertarik pada benda-benda yang dianggapnya baru dan menarik. Nah, jika si anak mencoba untuk menyentuhnya, biarkan saja. Jika ia mencoba untuk memakan (oral), tidak masalah selama buku itu steril dan lembut.

7. Anak Mulai Rewel

Saat ini terjadi sebelum menghentikan kegiatan membaca, cobalah untuk menaikkan nada suara lebih keras. Jika tidak berhasil cobalah mengganti judul buku yang lain.

8. Berhenti Jika Anak Memang Sudah Tidak Tertarik

Tidak perlu diteruskan lagi ketika bayi mulai menunjukkan ketidakterarikannya. Cobalah lagi di lain kesempatan.