Tips Merawat Kulit Wajah Agar Selalu Tampak Sehat dan Berkilau

0
448

Kulit adalah salah satu bagian utama dari tubuh kita. Jadi penting untuk melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan dari berbagai macam zat radikal terutama kulit wajah yang merupakan mahkota bagi para wanita. Untuk merawat kulit wajah supaya tetap bersih bersinar yang paling penting, adalah tidak melakukan hal hal yang dapat mengakibatkan kulit iritasi seperti menggaruk kulit wajah, memencet jerawat atau komedo sembarangan dan berganti ganti kosmetik yang akan mengakibatkan kulit iritasi dan ruam ruam. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat kulit wajah :

1. Gunakan pelembab – shooting skin care.
Kulit kita membutuhkan pelembab, namun tidak semua pelembab cocok bagi kulit kita. Untuk mendapatkan kulit yang bersinar semua orang harus menyadari jenis kulit masing masing dan harus mendapatkan pelembab yang benar yang sesuai jenis kulit. manfaat utama dari pelelmbab bagi wajah dan tubuh adalah untuk membantu memelihara kelembaban kulit, terutama bagi yang sering melakukan aktivitas di dalam ruangan ber AC atau di luar ruangan dengan cuaca yang cukup panas. Pelembab bila digunakan setelah mandi akan memberikan hasil yang baik, mungkin sering kali setelah menggunakan sabun pembersih wajah ketika selesai mandi kulit wajah terasa kencang dan kering karena setelah mandi maka tubuh akan kehilangan minyak-minyak dari kulit, pelembab inilah yang menggantikan hilangnya minyak dan membantu untuk mempertahankan kulit selalu dalam kondisi lembab.

2. Biasakan menggunakan toner
Selain pelembab wajah juga membutuhkan pemberish atau toner. Toner membantu dalam menghilangkan kotoran, make up dan beberapa jumlah minyak yang tidak diinginkan pada kulit, sehingga kulit bias bernapas dan beregenerasi untuk membuang sel sel kulit mati dan digantikan sel sel kulit baru sehingga kulit wajah akan nampak bersih bercahaya tidak kusam.

3. Menahan keinginan untuk memencet jerawat
Menggaruk atau memencet jerawat akan mengakibatkan ruam ruam dan hanya akan meningkatkan risiko membuka lapisan kulit yang menyebabkan luka dan infeksi pada kulit dan hal ini akan mengundang bakteri masuk. Hindari kebiasan memencet jerawat atau komedo atau lebih baik lakukan di klinik-klinik kecantikan yang sudah ahli untuk melakukan facial.

4. Hindari sinar matahari langsung
Untuk melindungi kulit kita dari bahaya sinar matahari perlu bantuan lotion tabir surya atau sun cream. Lotion tabir surya berfungsi untuk mencegah kulit kita dari penuaan dini dan bahaya munculnya bintik-bintik hitam atau flek di wajah. Tabir surya yang baik harus mengandung bahan aktif seperti titanium oxide atau zinc oxide.

5. Makanan bervariasi dengan konsentrasi antioksidan.
Makanan yang banyak mengandung antioksidan kebanyakan berasal dari buah dan sayuran, sering kali para ahi menyarankan untuk mengkonsumsi buah buahan dan sayuran untuk merawat kulit wajah kita, berikut buah dan sayuran mengandung zat anti oksidan seperti apel, minyak alpukat, aprikot, asparagus, kacang, daging sapi, bit, berry, brokoli, brussels sprout, melon, wortel, kembang kol, jagung, produk susu, terung, jeruk, bawang putih, minyak biji anggur, gratis paprika, teh hijau, kangkung , kiwi, mangga, nectarine, kacang, daun minyak zaitun, bawang, jeruk, pepaya, persik, plum, labu, unggas, kismis, anggur merah, paprika merah, makanan laut, bayam, kacang polong salju, kedelai, labu, stroberi, biji bunga matahari, ubi jalar, jeruk keprok, teh, tomat, tuna, gandum utuh, kuning paprika. Tips ketika akan mengkonsumsi buah buahan atau sayuran yang mengandung anti oksidan sebaiknya dimakan secara mentah setelah dicuci bersih atau dikukus tidak terlalu matang karena jika matang akan menghilangkan zat anti oksidan tresebut.

6. Minum air putih 8 gelas sehari.
Usahakan setiap hari minum kira kira 8 gelas air sehari hal ini untuk membantu mengindari kulit kering, terutama yang sering berada di dalam ruangan ber AC.

7. Gunakan produk perawatan kulit buatan sendiri dengan antioksidan.
Merawat wajah tidak harus menggunakan produk berharga mahal, namun bisa menggunakan produk tradisional yang relatif murah sepertu menggunakan jeruk lemon.

Produk lemon dapat dijadikan vitamin dan antioksidan selain mudah didapat harga juga relatif terjangkau, berikut perawatan kulit dengan menggunakan bahan Home made:

– Gunakan masker dari campuran 1 buah pisang yang dihaluskan dengan 3 tetes jus lemon encer. Membantu merawat kulit wajah kita selalu bersih bersinar dan halus.

– Masker dari campuran 1 sendok teh madu, 1 tetes minyak almond manis dan 3 tetes jus lemon . Oleskan campuran tersebut ke wajah, diamkan selama 15 – 20 menit lalu bilas dengan air, kemudian keringkan dengan handuk. Ini membantu mengurangi tanda-tanda penuan dini.

– Minum air dengan lemon sehari-hari. Manfaat air minum dengan lemon dapat memberikan efek bersinar dan sehat alami pada kulit. Air lemon dapat memurnikan racun dari darah dan membantu menyeimbangkan tingkat pH alami kulit. Selain itu membantu dalam pengelupas sel kulit mati dan menetralkan radikal bebas yang merusak.

Sedangkan manfaat dari air lemon sendiri adalah membantu merawat kulit wajah dari munculnya komedo, mengurangi garis-garis halus atau kerutan, meringankan bercak-bercak hitam dan bekas luka memudar.

Sumber : artikeltentangkesehatan.com