Kenali dan Cegah Penyakit Radang Paru – Paru pada Anak

0
466

Anak usia dini tahun tengah memasuki masa perkembangan dan pertumbuhan untuk menyempurnakan organ – organ tubuhnya. Pada masa ini umumnya anak memiliki kekebalan tubuh yang relative masih rendah, sehingga sangat rentan terhadap berbagai jenis penyakit atau gangguan kesehatan. Salah satu jenis penyakit yang mungkin dialami oleh anak adalah radang paru – paru atau Pneumonia.

Pneumonia atau radang paru – paru ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau jamur di sekitar organ paru – paru. Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup berbahaya dan akan sangat menyiksa anak, karena dapat menyebabkan sulit bernafas. Selain itu penyakit radang paru – paru ini sangat mudah menular melalui udara, sehingga benar – benar harus diwaspadai.

Oleh sebab itu penting bagi ibu untuk melakukan berbagai usaha pencegahan agar anak tak terjangkit penyakit ini. bagaimana caranya? simak tips menghindarkan anak dari penyakit radang paru – paru berikut:

  • Berikan ASI eksklusif yang berkualitas pada 6 bulan pertama anak, karena ASI memiliki kandungan yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan imut anak agar tak mudah terserang penyakit.
  • Lakukan imunisasi secara rutin sesuai panduan dokter, terutama pada 1 tahun pertama.
  • Jaga lingkungan rumah agar tetap sehat dan bersih. Usahakan agar rumah tidak lembab, memiliki fentilasi udara yang cukup, serta bebas dari asap rokok.
  • Membiasakan kebiasaan baik pada anak, seperti mencuci tangan sebelum makan.