Tips Jitu Rancang Pernikahan Mewah Dengan Low Budget

0
531

Segudang mimpi calon pengantin menjadi hal terindah untuk dibayangkan. Dari mulai mimpi menggunakan baju pernikahan megah, hingga detil dekorasi impian. Namun pada akhirnya hal ini harus terbentur dengan persoalan biaya. Terbatasnya anggaran membuat para calon pengantin harus cermat dalam mengolahnya. Kira-kira seperti apa sih langkah cermat yang harus dilakukan supaya kamu tetap bisa mensiasati terwujudnya mimpi indahmu? Simak Yuk!

1. Budgeting
Hal yang paling pertama dilakukan adalah menentukan besaran angka maksimal yang kedua belah pihak sanggupi. Ini pagar utama kamu dalam melakukan persiapan agar tidak terjadi pembengkakan.

2. Batasi jumlah undangan
Hal yang paling memakan biaya besar dalam melangsungkan pesta pernikahan adalah biaya konsumsi. Untuk memangkas ini, batasi jumlah undangan. Susah memang untuk kebanyakan orang Indonesia, namun cobalah berdiskusi dengan kedua belah pihak keluarga.

3. Pilih paket pernikahan dari 1 vendor
Dekorasi, tata rias dan busana, serta konsumsi adalah tiga hal penting dalam persiapan pernikahan. Biasanya berbagai vendor menawarkan jasa ini secara paket. Biaya paketan persiapan ini cenderung lebih ekonomis dibandingkan jika kita memilih vendor secara terpisah.

4. Bikin sendiri souvenir dan undangan pernikahan
Mungkin kamu punya teman atau sahabat yang ahli dalam hal ini? Minta bantuan pada mereka saja untuk membantumu membuat kartu undangan dan souvenir handmade. Pasti jauh lebih hemat.

5. Bantuan sahabat : panitia dan pengisi acara
Menggunakan jasa wedding organizer akan sangat mempermudah kamu dalam mengurus persiapan pernikahan, namun biaya yang harus dikeluarkan juga sangat besar. Untuk mensiasati hal ini, bentuklah sebuah panitia yang berisi saudara dan sahabatmu. Minta pula mereka untuk membantu menjadi pmbawa acara atau pengisi acara mu nanti.

6. Lokasi menentukan prestasi
Mayoritas gedung yang disewakan untuk acara pernikahan memiliki rekanan vendor catering dan dekor. Gedung-gedung seperti ini juga ada yang dimiliki oleh pihak swasta dan juga pemerintah. Gedung milik pemerintah biasanya jauh lebih terjangkau. Pilih lokasi yang sesuai dengan anggaranmu. Menyelenggarakan di rumah, jauh lebih hemat lho!

7. Seragam panitia
Pilih bahan yang tidak terlalu mahal seperti ciffon atau hycont. Berikan seragam kepada panitia saja, tidak usah terlalu buang anggaran untuk membelikan seragam ke orang-orang yang tidak terlibat langsung dalam persiapan.

8. Jangan banyak mau
Last but not least, sebagai calon pengantin yang tetap memiliki mimpi, jangan terlalu banyak kemauan. Olah anggaran yang kamu miliki untuk mewujudkan yang terbaik.

Sumber : hijapedia.com