5 Nutrisi Ibu Hamil yang Membuat Bayi Cerdas

0
545

Kita semua tentu ingin memiliki bayi cerdas bukan? Menurut Diane Ashton, nutrisi ibu hamil sangat mempengaruhi perkembangan otak bayi yang dikandungnya. Dia menyebutkan ada beberapa nutrisi ibu hamil yang wajib dikonsumsi untuk mendukung perkembangan otak. Apa sajakah itu?

1. Asam folat

Asam folat adalah nutrisi penting dalam pembentukan sel otak. Journal of American Medical Association baru-baru menerbitkan studi yang menyatakan tentang hal ini. Di dalam studi tersebut, terbukti bahwa risiko melahirkan bayi autis menjadi 40% lebih kecil ketika ibu hamil mengkonsumsi asam folat 4 minggu sebelum kehamilan dan 8 minggu setelah kehamilan. Asam folat dapat diperoleh dari sayuran berdaun hijau seperti bayam dan asparagus, buah alpukat, pepaya, jeruk, stroberi dan biji bunga matahari.

2. Omega-3

Asam lemak omega-3 adalah nutrisi ibu hamil yang sangat penting karena berkontribusi dalam pembentukan neuron. Neuron adalah saraf yang mengirimkan impuls ke otak dan pesan ke organ tubuh lainnya. Anda bisa mendapatkan omega-3 dari ikan salmon, telur, daging, bayam, tahu, kacang-kacangan dan sereal.

3. Buah dan sayuran

Buah dan sayur mengandung antioksidan yang akan membantu melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak jaringan otak anak Anda. Ada berbagai makanan yang dapat Anda makan untuk meningkatkan antioksidan. Pepaya, sayuran berdaun hijau gelap, tomat dan blueberry bisa menjadi pilihan yang lezat. Pastikan Anda membersihkan buah dan sayuran secara menyeluruh sebelum Anda mengkonsumsinya. Cara termudah untuk mencuci buah dan sayuran hingga bersih dari pestisida adalah mencucinya di bawah air mengalir selama 30 detik.

4. Makanan kaya zat besi

Zat besi adalah nutrisi ibu hamil yang berguna untuk membantu transportasi oksigen kepada janin. Pasokan oksigen ke otak akan berpengaruh pada perkembangan otak bayi. Makanan kaya zat besi adalah daging ayam, sereal, kacang-kacangan, dan daging sapi tanpa lemak.

5. Protein

Saat hamil, tubuh Anda perlu memiliki lebih banyak protein untuk membantu perkembangan sel-sel baru serta hormon yang meningkatkan pertumbuhan bayi Anda. Diane Ashton memberikan contoh porsi protein dalam sehari yaitu, yoghurt smoothie untuk sarapan, sedangkan untuk makan siang sup kacang, serta 3 ons daging sapi tanpa lemak untuk makan malam. Sebagai Camilan kaya protein cobalah roti lapis selai kacang.