Tips Mengatasi Heartburn Saat Hamil

0
530

Salah satu keluhan yang sering dialami oleh para ibu hamil yaitu heartburn atau rasa panas pada bagian dada atau ulu hati. Kondisi ini akan lebih intens kemunculannya terutama disaat memasuki trimester ketiga pada usia kehamilan. Selain rasa panas seperti terbakar, ibu hamil juga akan sering merasakan rasa seperti ditusuk-tusuk benda tajam di daerah ulu hatinya. Namun jangan cemas, kondisi seperti ini tidak ada sangkut pautnya terhadap gangguan jantung.

Penyebab dari kondisi heartburn ini terjadi dikarenakan makanan yang sudah berada di dalam lambung terdesak kearah kerongkongan atau juga dikenal dengan naiknya asam lamubung ke daerah kerongkongan akibat rahim yang semakin membesar. Dan akibatnya, yaitu timbul adalah iritasi pada dinding kerongkongan. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi heartburn pada ibu hamil.

1. Hindari Makanan Pemicu Heartburn
Agar resiko heartburn bisa diminimalisir hindari makanan-makanan seperti berlemak, berbumbu tajam, makanan asam, makanan pedas, minuman mengandung kaffein atau minuman yang mengandung soda.

2. Makan Sedikit Namun Sering
Sangat disarankan pada ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah atau porsi kecil/sedikit, namun rutin paling tidak 4-5x sehari. Hal ini bertujuan untuk mencegah perut kosong lebih lama agar asam lambung bisa dinetralisasi.

3. Mengunyah Permen Karet Mampu Redakan Keluhan Heartburn
Cara mengatasi heartburn selanjutnya yaitu disaat keluhan heartburn terjadi, coba untuk mengunyah permen karet. Karena permen karet ini mampu meningkatkan produksi saliva atau yang biasa disebut dengan air liur. Dipercayai air liur mampu menetralkan asam lambung di kerongkongan.

4. Konsumsi Obat Maag Saat Merasakan Keluhan Heartburn
Disaat kondisi ini terjadi, ibu hamil bisa mengkonsumsi obat maag yang dapat menetralkan asam lambung. Namun, meski demikian perlu adanya konsultasi lebih lanjut oleh dokter yang bergerak dibidangnya.

Sumber : katalogibu.com