Ketahui Waktu Yang Tepat Untuk Memperkenalkan Gadget Pada Anak

0
404

Pada zaman modern seperti saat ini, gadget bukan lagi hal yang aneh karena setiap kalangan sudah mengenal alat komunikasi tersebut. Bahkan pada saat ini anak-anak sudah mengenal dan menggunakan gadget canggih. Alat komunikasi yang satu ini memang memiliki dampak positif, namun disamping itu penggunaan gadget yang tidak terkontrol bisa menimbulkan dampak negatif terutama bagi perkembangan anak. Anda sebagai orangtua harus bersikap bijak dan mengawasi anak ketika memberikan gadget.

Gadget bisa memberikan dampak positif sebagai media pembelajaran bagi anak. Akan tetapi di sisi lain penggunaan gadget yang tidak terkontrol tentunya akan memberikan pengaruh buruk terhadap kesehatan dan perkembangan anak. Selain itu, gadget bisa menyebabkan anak ketergantungan dan kecanduan sehingga mengabaikan semua tugas dan kewajibannya ketika sudah memasuki usia sekolah. Kondisi yang lebih parah yaitu membuat anak tidak memiliki kemampuan untuk bersosialisasi sehingga cenderung menjadi pribdai yang tertutup.

Untuk mencegah dampak buruk penggunaan gadget pada anak, Anda harus mengetahui waktu yang tepat dalam memperkenalkan alat komunikasi tersebut. Perhatikan usia yang tepat untuk mulai memberikan benda tersebut dan Anda juga harus tetap mengotrol penggunaan gadget pada anak. Jangan sembarangan memberikan gadget pada anak dan jangan membiarkan anak bermain gadget tanpa pengawasan Anda.

Perhatikan Beberapa Hal Ini Untuk Memperkenalkan Gadget Pada Anak

1. Perhatikan usia anak
Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum memberikan gadget untuk anak yaitu harus sesuai dengan tahap perkembangan anak. Jangan memperkenalkan gadget terlalu dini pada anak karena bisa memberikan efek negatif dalam jangka penjang. Meskipun anak usia dibawah 2 tahun sedang menyukai permainan yang memiliki tombol, tapi jangan pernah memberikan gadget sebagai mainan. Pada dasarnya memperkenalkan gadget pada anak bisa dilakukan setelah berusia 5 tahun. Alangkah lebih baik lagi apabila gadget diperkenalkan pada anak dengan tingkatan usia yang lebih tinggi sehingga sudah mengerti dan bisa mengontrol penggunaannya.

2. Batasi penggunaan gadget
Supaya anak tidak kecanduan dalam menggunakan gadget sebaiknya Anda memberikan batasan waktu. Salah satunya yaitu ketika anak berusia 4 atau 5 tahun sebaiknya Anda hanya memberikan waktu kurang lebih setengah jam bagi anak. Kemudian untuk anak yang berusia sekitar 6 atau 7 tahun penggunaan gadget sebaiknya dibatasi hanya satu jam. Membatasi penggunaan gadget sejak dini bertujuan supaya anak tidak ketergantungan dan menjaga kesehatannya yaitu mencegah kerusakan mata.

3. Mendampingi anak
Ketika Anda sudah mulai memperkenalkan gadget pada anak maka harus siap untuk mendampinginya. Hal ini semata-mata dilakukan untuk mengawasi dan mengontrol anak dalam menggunakan gadget. Apabila anak dibiarkan menggunakan gadget sendirian maka dikhawatirkan akan membuka videoa atau situs dewasa. Selain itu, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan sebaiknya Anda memutus koneksi internet ketika memberikan gadget pada anak. Dengan begitu si kecil tidak ada kesempatan untuk membuka situs yang dilarang di media online.

4. Konten yang mendidik
Anak-anak biasanya lebih cenderung untuk bermain game ketika menggunakan gadget. Pastikan semua konten yang tersedia di dalam gadget bersifat edukatif dan tidak akan memberikan dampak buruk bagi anak. Pilihlah game yang bersifat interaktif dan melatih kemampuan otak anak seperti puzzle atau game mewarnai gambar. Selain itu, Anda juga bisa memilih aplikasi gadget untuk membantu proses belajar anak. Salah satunya yaitu aplikasi untuk belajar berhitung dan membaca.

Memberikan batasan waktu dalam memperkenalkan gadget adalah salah satu solusi untuk mencegah dampak buruk penggunaan gadget pada anak. Berikan pengertian dan pengawasan bagi anak dalam menggunakan gadget sehingga tidak berlebihan dan mengganggu kemampuan anak dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Sumber : solusisehatku.com