Tips Menjaga Kehamilan Muda Supaya Tetap Sehat

0
416

Menjaga kehamilan merupakan salah satu hal wajib bagi setiap wanita. Menjalani masa kehamilan memang bukan perkara mudah mengingat banyak hal yang harus Bunda lakukan dan hindari. Dalam hal ini diperlukan banyak informasi seputar menjaga kehamilan yang sehat sehingga Bunda tidak akan kebingungan untuk melakukan tindakan apa selama kehamilan.

Menjaga kehamilan muda memang penting untuk dilakukan mengingat janin masih sangat rentan mengalami gangguan pertumbuhan. Menjaga kehamilan sejak dini merupakan kunci untuk mendukung perkembangan janin secara optimal.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kehamilan muda supaya tetap sehat. Perhatikan pola hidup sehat, hindari kebiasaan buruk dan perhatikan asupan nutrisi. Berikut ini tips ibu hamil muda yang harus Anda perhatikan.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Mengingat janin pada kehamilan muda masih sangat rentan terhadap gangguan, maka kebutuhan nutrisi perlu diperhatikan dengan baik. Selain itu, pemenuhan nutrisi penting untuk menunjang tumbuh kembang janin. Pada tahap awal kehamilan terjadi pembentukan organ-organ pada janin sehingga peran penting nutrisi sangat dibutuhkan.

Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Nutrisi asam folat dibutuhkan dalam jumlah yang cukup banyak untuk proses pembentukan sistem saraf sehingga mencegah janin lahir cacat.

Selain itu, ibu hamil juga harus mengkonsumsi makanan yang mengandung mineral, vitamin, protein, karbohidrat, kalsium dan nutrisi penting lainnya guna tumbuh kembang janin yang optimal. Disamping memperhatikan kelengkapan nutrisinya, penting juga bagi Anda untuk selektif dan memastikan kebersihan dari setiap makanan yang akan dikonsumsi.

1. Olahraga

Langkah selanjutnya untuk menjaga kehamilan muda yaitu dengan melakukan kegiatan sehat seperti berolahraga. Lakukan olahraga ringan seperti jalan santai atau yoga khusus untuk ibu hamil. Intensitas latihan tersebut harus dilakukan secara teratur dan jangan terlalu berat sebab bisa menyebabkan kelelahan yang akan berdampak pada janin.

2. Batasi Aktivitas

Jangan terlalu banyak melakukan aktivitas selama menjalani masa kehamilan sebab bisa menyebabkan kelelahan yang akan berdampak buruk pada kehamilan. Perbanyaklah waktu untuk beristirahat daripada melakukan aktivitas yang berat.

3. Pola Hidup

Pola hidup yang sehat adalah kunci kehamilan muda yang sehat. Mengatur pola hidup sehat tidaklah sulit, hanya saja seringkali kurang kesadaran sehingga membuat banyak orang mengabaikannya. Perhatikan asupan nutrisi, perbanyak istirahat dan konsumsi makanan bergizi, itulah kunci hidup sehat untuk kehamilan muda yang sehat.

4. Mematuhi Pantangan Untuk Ibu Hamil Muda

Pantangan selama hamil semata-mata bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada kehamilan Anda. salah satu contohnya menghindari makanan tertentu, tidak dianjurkan untuk beraktivitas yang melelahkan dan masih banyak lagi.

Selain itu, ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi minuman yang beralkohol, kafein dan makanan yang mengandung zat kimia berbahaya. Disamping itu, ibu hamil muda sebaiknya terbebas dari polusi udara terutama asap rokok sebab dampaknya sangat fatal terhadap kesehatan janin. Pemeriksaan kehamilan juga penting untuk Anda lakukan mengingat pada tahap awal kehamilan masih sangat rentan terhadap gangguan pada perkembangan janin. 

Sumber : solusisehatku.com