Kiat Menjaga Kesehatan Gizi Pada Anak

0
344

Menjaga kesehatan gizi pada anak sejak usia dini adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh setiap orangtua guna menunjang tumbuh kembang anak. Asupan gizi untuk anak pada usia dini tidak boleh diabaikan dan disepelekan. Pemenuhan nutrisi pada tahap tumbuh kembang anak adalah hal mutlak karena akan berdampak jangka panjang terhadap kesehatan dan perkembangan anak.

Tanpa asupan nutrisi yang baik maka dikhawatirkan tumbuh kembang anak akan mengalami gangguan sehingga dikemudian hari si kecil bisa terkena gangguan kesehatan. Dalam mencukupi kebutuhan gizi anak maka setiap orangtua harus mengetahui konsep tersebut. Dengan begitu maka dalam prakteknya Anda tidak kebingungan untuk mencukupi semua nutrisi yang dibutuhkan anak.

Berikut Konsep Untuk Menjaga Kesehatan Gizi Anak

  1. Asupan Karbohidrat Kompleks dan Protein
    Salah satu halo yang harus Anda berikan untuk anak yaitu karbohidrat komplek dan protein. Jenis nutrisi tersebut berguna untuk menghasilkan energi untuk menunjang beragam aktivitas anak. Berikan selalu menu sarapan sehat untuk anak seperti sereal gandum dan sumber protein berupa telur untuk menunjang aktivitas hariannya dan menjaga kebugaran tubuhnya.
  2. Buah dan Sayur
    Buah dan sayur adalah sumber makanan wajib untuk anak. Jenis makanan tersebut kaya akan kandungan nutrisi seperti mineral, vitamin dan tentunya antioksidan. Disamping itu, buah dan sayur kaya akan kandungan serat untuk membantu memperlancar saluran pencernaan anak. Kandungan nutrisi pada buah dan sayur berguna untuk meningkatkan sistem imun anak sehingga terhindar dari resiko penyakit yang berbahaya. Supaya si kecil tidak merasa bosan dengan buah dan sayur yang Anda berikan maka kreasikan makanan tersebut menjadi olahan yang menarik.
  3. Asam Lemak Omega-3
    Nutrisi yang sangat oenting untuk menunjang tumbuh kembang anak selanjutnya yaitu asam lemak omega-3yang bisa diperoleh dari ikan tuna dan ikan salmon. Manfaat dari asam lemak omega-3 yaitu untuk menunjang tumbuh kembang anak dan membantu mengoptimalkan kecerdasan anak.
  4. Susu
    Susu merupakan salah satu sumber makanan atau minuman yang menyumbang banyak nutrisi guna mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Salah satu manfaatnya yaitu untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi anak.

Namun dalam hal ini Anda harus mengetahui tingkat alergi pada anak. Jika anak intoleransi terhadap susu sapi maka bisa menggantinya dengan memberikan susu kedelai. Kandungan nutrisinya mungkin sedikit berbeda, namun kandungan nutrisi susu kedelai sudah bisa mencukupi kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhan anak.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan gizi pada anak. Dalam hal ini yang terpenting adalah memperhatikan pola asupan makanan yang bernutrisi yang berkualitas dan higienis. Semoga bermanfaat.

Sumber : solusisehatku.com