Aktivitas Larangan untuk Wanita yang Sedang Haid

0
484

Haid merupakan siklus bulanan yang rutin dialami oleh setiap wanita. Haid atau yang biasa disebut dengan menstruasi adalah perubahan fisiologis didalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala serta dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron. Siklus haid yang terjadi pada wanita rata-rata 28 hari. Akan tetapi tidak semua wanita mengalami siklus menstruasi yang sama dan teratur.

Haid atau menstruasi akan berhenti dengan sendirinya (menopause) seiring dengan bertambahnya usia. Sedangkan arti dari menopause itu sendiri ialah, terhentinya siklus haid secara fisiologis karena dipengaruhi oleh faktor usia seorang wanita. Mungkin kita sering mendengar mengenai hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada waktu haid. Inilah Beberapa Hal Yang Dilarang Saat Haid :

  • Berhubungan intim
    Melakukan hubungan suami istri pada waktu haid secara tegas tidak diperbolehkan, baik itu menurut hukum agama ataupun menurut medis. Mengapa demikian? Hal ini karena organ intim wanita pada waktu haid tidak steril sehingga tidak aman untuk melakukan hubungan intim. Darah haid biasanya lebih dikenal dengan darah kotor yang mengandung banyak bakteri. Apabila pada waktu haid melakukan hubungan intim maka dikhawatirkan akan terjadi infeksi pada organ reproduksi wanita.

    Selain itu, memaksakan untuk melakukan hubungan suami istri pada waktu haid sangat beresiko menyebabkan sudden death atau kematian mendadak. Mengapa yang demikian bisa terjadi? Pada waktu haid, pembuluh darah pada organ reproduksi wanita akan terbuka sehingga ketika melakukan hubungan badan sangat beresiko terbawanya udara dari luar dan masuk kedalam pembuluh darah sampai ke jantung. Kondisi tersebut bisa berakibat fatal dan bisa menyebabkan serangan jantung secara mendadak.

  • Melakukan olahraga berat
    Larangan wanita saat haid yang selanjutnya yaitu melakukan kegiatan olahraga yang berat dan tidak teratur. Pada waktu menstruasi memang tidak dilarang untuk berolahraga. Bahkan sangat dianjurkan melakukan olahraga pada waktu menstruasi untuk melancarkan sirkulasi darah. Akan tetapi pada waktu haid sebaiknya Anda memperhatikan dan membatasi porsi olahraga.

    Selain itu, Anda juga harus telitidan cerdas dalam memilih jenis olahraga yang akan dilakukan pada waktu haid. Sebaiknya Anda menghindari jenis olahraga yang berat. Hal ini karena pada waktu haid banyak pembuluh darah yang terbuka sehingga apabila melakukan olahraga berat sangat beresiko menyebabkan pendarahan yang tidak normal. Oleh karena itu, bagi wanita yang sedang haid disarankan untuk melakukan olahraga dengan intensitas ringan seperti jalan santai, yoga atau peregangan.

  • Mengkonsumsi minuman dingin dan soda
    Hal ini memang tidak sepenuhnya dilarang untuk dilakukan pada waktu haid. Hanya saja pada waktu haid sebaiknya Anda tidak banyak mengkonsumsi jenis minuman bersoda karena bisa mempengaruhi keseimbangan hormon. Selain itu, bagi wanita yang sedang haid tidak dianjurkan untuk membiasakan mengkonsumsi minuman dingin atau air es. Hal ini karena bisa memperlambat dan menghambat keluarnya darah haid. Anda sebaiknya membatasi konsumsi kategori minuman tersebut supaya siklus haid berjalan lancar dan tidak menimbulkan berbagai macam keluhan.
  • Berenang
    Berenang pada waktu haid tidak dianjurkan karena dikhawatirkan pembuluh darah yang terbuka dan terkena air yang tidak steril dari kolam renang akan beresiko menyebabkan infeksi. Selain itu, mungkin berenang pada waktu hamil akan mengganggu kenyamanan Anda. Oleh karena itu, hal tersebut bisa menjadi pertimbangan Anda sebab bukan hal dianjurkan dan berenang juga bukan sepenuhnya hal yang dilarang saat haid.

Sumber : solusisehatku.com