Kiat Untuk Membangun Perilaku Positif Pada Anak

0
421

Menumbuhkan perilaku positif pada anak memang terbilang gampang-gampang susah. Namun jika dilakukan dengan usaha yang sungguh-sungguh dan konsisten maka tentunya akan membentuk karakter dan kepribadian positif sesuai dengan yang diharapkan.

Orangtua harus menjadi teladan yang baik bagi anak. Dalam hal ini peran penting orangtua tidak hanya sebatas untuk memberikan arahan, melainkan menjadi contoh yang baik bagi anak. Perlu Anda ketahui bahwa sifat dasar anak adalah “meniru”, maka dari itu berperilaku yang baik menjadi salah satu kunci keberhasilan untuk membentuk kepribadian positif pada anak Anda.

Membentuk kepribadian positif pada anak harus dimulai sejak usia dini. Bahkan alangkah lebih baiknya apabila pendidikan tersebut Anda berikan sebelum si kecil menginjak usia sekolah. Lalu apa saja tindakan yang sebaiknya dilakukan orangtua? Simak penjelasan berikut.

“Teladan adalah kunci utama”

Sikap dan perilaku orangtua menjadi cerminan bagi anak-anak. Secara tidak langsung anak-anak akan merekam dan mengawasi setiap perilaku yang dilakukan oleh orangtuanya. Maka dari itu, sebelum Anda menganjarkan perilaku positif pada anak maka sebaiknya berikan contoh yang baik terlebih dahulu. Dengan begitu maka anak-anak akan lebih mudah untuk memahami apa yang Anda maksud.

  1. Pujian Untuk Anak
    Jangan hanya memberikan kritikan ketika si kecil melakukan kesalahan saja. Namun sebaiknya Anda juga memberikan pujian untuk si kecil ketika melakukan suatu hal yang baik. Nah, dengan begitu maka akan terpacu untuk selalu berbuat baik. Tanpa disadari pujian kecil yang Anda lontarkan menjadi penyemangat bagi si kecil.
  2. Tunjukan Perasaan Anda
    Salah satu elemen penting dalam menumbuhkan sikap positif pada anak yaitu empati. Untuk membangun empati bisa Anda lakukan sejak dini. Salah satunya yaitu dengan berkata jujur tentang perasaan yang Anda rasakan dengan perilaku yang dilakukan oleh anak. Bila anak-anak selalu bertengkar maka Anda utarakan saja perasaan tidak senang Anda. Namun dengan nada dan cara penyampaian yang halus.
  3. Menjadi Pendengar Yang Baik
    Mendengarkan dengan baik menjadi salah satu kunci untuk berkomunikasi yang baik antara orangtua dan anak. Hal ini juga akan membuat anak merasa dihargai dan diperhatikan. Dalam hal ini Anda bisa memberikan solusi atas apa yang dirasakan oleh anak sehingga secara tidak langsung kita mengerti dengan perasaan anak.
  4. Tepati Janji
    Setiap janji yang Anda utarakan pada anak sebaiknya ditepati. Nah, ini menjadi salah satu cara untuk menghormati serta mempercayai Anda sebagai orangtua. Bahkan secara tidak langsung perilaku ini akan ditiru oleh si kecil.

Dalam menerapkan perilaku positif pada anak memang harus dilakukan secara bertahap dan hati-hati. Jangan terlalu memaksakan anak, namun arahkan dengan lembut melalui perilaku positif Anda.

Sumber : solusisehatku.com