Metode Rahasia Untuk Menidurkan Bayi Dengan Baik

0
638

Tidur atau istirahat merupakan kebutuhan setiap orang tidak terkecuali bayi. Bagi bayi, kualitas tidur tidak hanya akan berpengaruh pada perkembangan kondisi fisiknya, akan tetapi berpengaruh juga terhadap psikisnya. Bayi yang mendapatkan waktu istirahat cukup atau kualitas tidur yang baik maka akan lebih bugar dan tidak akan rewel.

Permasalahan yang biasa dihadapi oleh para ibu yaitu keadaan dimana bayi sering terbangun pada malam hari sehingga hal tersebut membuat waktu tidur bayi berkurang. Untuk mengatasi hal tersebut, para orangtua harus mengetahui penyebab dan cara mengatasi bayi yang sering terbangun pada malam hari. Berikut adalah beberapa informasi mengenai metode untuk menidurkan bayi supaya tidur lelap dan mendapatkan kualitas tidur yang baik.

1. Metode self scoothing (membiarkan bayi tertidur dengan sendirinya)

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menidurkan bayi yaitu dengan menggunakan metode self scoothing. Metode ini merupakan cara untuk menidurkan bayi dengan cara membiarkan bayi tidur dengan sendirinya dan Anda bisa menenagkan bayi dengan kata-kata lembut atau nyanyian.

Selain itu, biasakan supaya bayi mempunyai jadwal untuk tidur. Hal ini tentunya akan membuat bayi lebih tenang dan mendapatkan kalitas tidur yang baik. Hal yang bisa Anda lakukan sebelum menerapkan metode ini yaitu memandikan bayi dengan air hangat, kemudian buat kondisi tempat tidur bayi senyaman mungkin sehingga bayi akan merasa nyaman dan tenang.

2. Metode no cry

Metode ini merupakan cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat bayi tenang. Caranya yaitu dengan memfokuskan kedekatan antara ibu dan bayi. Setelah itu Anda bisa mengurangi intensitas kedekatan tersebut secara bertahap. Metode ini akan membuat bayi tidak akan menangis di malam hari dan Anda tidak akan merasa keberatan ketika bangun pada malam hari.

Metode ini bisa Anda lakukan dengan menjaga kedekatan terhadap bayi sepanjang malam. Kontak fisik serta sentuhan lembut akan membuat bayi merasa aman dan nyaman ketika tidur. Hal penting yang harus Anda perhatikan untuk menerapkan metode ini adalah menjaga keamanan dan kenyamanan bayi.

3. Metode ferberizing (membiarkan bayi menangis sampai tertidur)

Metode menidurkan bayi dengan cara membiarkan bayi menangis sampai tertidur memang jarang diterapkan karena para orangtua tidak tega ketika membiarkan bayi terus menangis. Akan tetapi apabila Anda mengetahui jadwal tidur bayi, maka metode ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda untuk menidurkan bayi.

Ketika bayi menangis di jadwal tidurnya maka Anda bisa membiarkannya samapai bayi tertidur. Untuk menerapkan metode ini terlebih dahulu harus membiasakan jadwal tidur pada bayi di malam hari. Metode ini harus dilakukan secara bertahap sehingga bayi akan merasa nyaman dan terbiasa.

4. Metode long good bye (memberikan batasan/jarak pada bayi)

Metode ini bisa Anda lakukan dengan cara membiarkan bayi tidur pada tempat tidurnya sendiri. Metode ini bisa diterapkan bagi orangtua yang memiliki banyak kesibukan di luar rumah. Apabila bayi menangis sebaiknya dibiarkan terlebih dahulu supaya bayi akan terbiasa sampai tertidur kembali. Akan tetapi apabila tangisan bayi sudah tidak normal dan histeris sebaiknya segera ditenangkan dengan cara digendong atau ditepuk-tepuk.

Metode ini harus Anda lakukan secara perlahan supaya bayi bisa menyesuaikan dan merasa nyaman, jangan terburu-buru meninggalkan bayi sendiri. Metode ini bisa bermanfaat apabila bayi terbangun dan menangis pada malam hari sehingga akan tenang kembali dengan sendirinya. Untuk menjaga keamanan bayi selama di tinggal beraktivitas sebaiknya Anda meminta bantuan pengasuh untuk menjaga bayi.

Sumber : solusisehatku.com