Cara Mengatasi Gangguan Tidur (Parasomnia) Pada Anak

0
487

Mengatasi gangguan tidur pada anak memang sangat penting untuk dilakukan. Perlu Anda ketahui bahwa kualitas tidur merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Maka dari itu tugas penting bagi Anda sebagai orangtua adalah menciptakan lingkungan dan suasana tempat tidur yang nyaman untuk anak.

Parasomnia merupakan salah satu gangguan tidur yang kerap kali dialami oleh anak-anak. Parasomnia adalah gangguan ktidur pada ambang batas antara terjaga dan tidur. Gejala parasomnia bisa muncul akibat adanya ketidaknyamanan pada anak, baik itu kelelahan, gelisah dan tempat tidur yang tidak nyaman.

Jenis parasomnia yang paling sering terjadi pada anak-anak yaitu mimpi buruk dan kebiasaan nocturnal yang menyebabkan kecemasan dan perasaan takut. Nah, kejadian mimpi buruk tersebut bisanya menyebabkan anak terbangun sehingga sulit untuk kembali tidur. Kejadian seperti ini jelas mengganggu kualitas tidur anak dan bahkan bisa terjaga hingga pagi hari.

Faktor penyebab timbulnya mimpi buruk yaitu pengaruh atau reaksi negatif dari obat, penyakit tertentu dan kecemasan yang berlebihan. Pada umumnya anak-anak yang terbangun malam-malam akan merasakan ketakutan yang membuat rasa kantuk hilang secara spontan.

Jenis parasomnia yang selanjutnya yaitu tidur sambil berjalan. Hal ini terjadi diluar kendali dan anak yang mengalami kejadian ini sama sekali tidak memiliki memori atas apa yang telah terjadi. Kemudian parasomnia yang selanjutnya yaitu tidur bicara atau mengigau. Sebenarnya kejadian seperti ini tidak hanya dialami oleh anak-anak saja, namun orang dewasa juga banyak yang mengalami kejadian tersebut.

Bicara saat tidur memang tanpa disadari. Faktor penyebabnya pada anak yaitu stres emosional dan gangguan kesehatan. Parasomnia memang bukan merupakan penyakit, namun kondisi seperti ini tentunya harus diatasi supaya tidak mengganggu kualitas tidur anak yang bisa berdampak terhadap tumbuh kembangnya.

Cara Untuk Mengatasi Parasomnia Pada Anak

  1. Pastikan bahwa anak Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup. Selain itu, usahakan supaya si kecil tidak tidur terlalu malam. Untuk membuat si kecil tidur nyenyak, Anda bisa membacakan cerita dongeng ataupun memperdengarkan musik klasik.
  2. Jika anak Anda tiba-tiba terbangun akibat gangguan tidur yang disebabkan gejala parasomnia maka segeralah untuk kembali membuatnya tidur. Cobalah untuk membuat si kecil tenang sehingga bisa kembali tidur dengan nyenyak.
  3. Gejala parasomnia yang sering terjadi merupakan bicara saat tidur. Nah, hal ini biasanya dipicu oleh gangguan kesehatan atau kecemasan berlebih. Untuk kembali membuatnya tenang, cobalah untuk memeluk dan mengusap sin kecil sehingga merasa nyaman dan aman untuk kembali tidur.
  4. Waspadalah bagi Anda yang memiliki anak dengan kebiasaan tidur berjalan sebab hal ini bisa membahayakan keselamatannya. Pastikan untuk mengunci pintu dan jendela kamar si kecil sehingga jika terjadi tidur berjalan maka hanya berputar diruangan kamar saja.