I Love Monday! Tips Unik Memulai Aktifitas di Hari Senin

0
435

Sebagian besar orang menganggap hari Senin sebagai hari yang tidak menyenangkan, sebab hari ini akan menjadi awal pekan di mana mereka akan kembali beraktivitas seperti biasanya. Anggapan seperti ini tentu cukup beralasan, bagaimanapun mengakhiri libur di hari Sabtu dan Minggu adalah sebuah hal yang sering membuat kita malas untuk memulai hari kerja di hari Senin.

Meski begitu, pemikiran dan juga sikap seperti ini tentu akan sangat merugikan diri kita sendiri. Sebab dalam setahun kita akan memiliki 52 hari Senin, artinya kita akan menjalani 52 hari yang tidak menyenangkan dalam hidup dan belum lagi ditambah dengan berbagai hari lainnya yang mungkin juga tidak menyenangkan. Apa kamu rela jika membuang begitu banyak kesempatan untuk bekerja dengan baik dan juga bahagia?

Bagi orang-orang sukses, setiap hari adalah hari yang sama menyenangkannya untuk mereka, di mana mereka akan bekerja dengan tenang dan melakukan semua yang terbaik. Hal seperti ini tentu bisa menjadi sebuah pelajaran penting bagi kita, agar Senin bukan lagi sebuah hal yang tidak Anda harapkan kedatangannya setiap pekan. Lakukan beberapa tips di bawah ini, agar hari Senin Anda tetap produktif dan menyenangkan:

1. Persiapkan Agenda Kerja Sejak Akhir Pekan

Lakukan semua tugas Anda dengan baik di akhir pekan, hindari budaya tidak produktif dan hanya menunggu hari libur datang. Jika Anda mengerjakan semua pekerjaan dengan baik dan tepat waktu, maka Anda tidak perlu menunda dan juga menumpuk pekerjaan di awal minggu depan.

Bahkan di akhir pekan, Anda bisa membuat agenda kerja Anda untuk awal minggu, sehingga Anda memiliki waktu untuk memikirkan hal-hal terbaik yang bisa Anda lakukan di awal pekan.

2. Nikmati Libur dan Lakukan Olahraga Ringan

Saat hari libur tiba, maka jangan pernah menyentuh pekerjaan Anda, apalagi membawanya pulang ke rumah. Lupakan sejenak pekerjaan Anda dan nikmati hari libur Anda dengan tenang dan berkualitas. Habiskan waktu Anda untuk melakukan hal-hal yang Anda minati dan selalu sisihkan waktu Anda untuk melakukan olah raga ringan.

3. Sarapan yang Tepat

Saat akan mengawali hari Senin Anda, jangan lupa untuk sarapan dan mempersiapkan diri dengan asupan nutrisi yang mencukupi. Sarapan akan membuat Anda memiliki energi dan juga semangat kerja yang baik di hari Senin, sehingga Anda siap untuk memulai hari yang penuh dengan kesibukan tersebut.

4. Meeting di Awal Pekan

Sangat baik mengawali hari Senin dengan meeting, agar agenda selama sepekan bisa ditentukan dengan baik di awal pekan. Pada dasarnya kegiatan ini akan sangat membosankan bagi sebagian besar orang, namun Anda tentu tidak akan merasakan hal yang sama bukan?

Milikilah semangat kerja yang tinggi saat akan berangkat ke kantor, semangat untuk melakukan yang terbaik dan juga mencapai target-target yang telah ditetapkan sejak awal. Dengan begitu berbagai kesibukan Anda di hari Senin akan lebih mudah dan juga menyenangkan.

5. Membereskan Email dan Berkas-berkas

Jangan menunda-nunda untuk membereskan email Anda di awal pekan, sebab ini akan menjadi pekerjaan yang tertunda serta bisa saja mempengaruhi berbagai pekerjaan Anda yang lainnya sepanjang hari.

Buka dan baca satu-persatu email yang masuk, dan segera lakukan hal-hal yang harus Anda lakukan terhadap semua email tersebut dengan baik.

6. Awal yang Baik Akan Menjadi Akhir yang Baik

Ada banyak orang yang melakukan terlalu banyak pekerjaan di hari Senin, sehingga tak jarang orang tersebut akan kelelahan dan menjadi tidak maksimal dalam bekerja sepanjang minggu tersebut. Ini adalah kesalahan, sebab jika hal seperti ini terjadi maka ada 2 kemungkinan yang menjadi penyebabnya:

  • Orang tersebut menumpuk sejumlah pekerjaan di akhir pekan, sehingga di hari Senin dia akan terpaksa bekerja keras untuk menyelesaikan berbagai macam pekerjaannya yang masih tertunda. Bisa dipastikan orang-orang seperti ini adalah mereka yang gagal memanfaatkan waktu dengan baik, bahkan besar kemungkinan mereka tidak menikmati akhir pekannya dengan baik karena selalu terbebani dengan pekerjaan yang tidak selesai di akhir pekan.
  • Orang yang terlalu memaksakan diri untuk menyelesaikan berbagai hal di hari Senin, meskipun sebenarnya itu bukanlah sebuah hal yang harus diselesaikan di hari itu juga. Artinya, mereka selalu memaksakan diri untuk bekerja dengan sangat atau bahkan terlalu keras di awal pekan. Hal seperti ini tidak selalu berhasil dengan baik, sebab hasil yang cepat bukan berarti yang terbaik, bukan? Kedua kategori orang di atas bukanlah sebuah contoh yang baik untuk Anda ikuti, sebab Anda tidak harus menjalani hari Senin dengan seburuk itu.

Lakukan tugas Anda dengan baik di akhir pekan, maka di hari Senin semuanya akan menjadi lebih ringan. Jalani hari Senin Anda dengan baik, lakukan pekerjaan Anda dengan memberikan hasil yang terbaik, namun bukan berarti semua pekerjaan harus Anda selesaikan hari itu juga.

Jangan memaksakan diri untuk melakukan semua pekerjaan di hari Senin, itulah mengapa meeting dan mengatur jadwal kerja di Senin pagi begitu sangat penting.

7. Lakukan Agenda Kerja dengan Menyenangkan

Anda harus memiliki sebuah agenda kerja yang menyenangkan, di mana Anda bisa bersemangat dan mengerjakannya dengan baik sepanjang hari dan bahkan sepanjang minggu tersebut. Susun agenda kerja yang masuk akal dan sesuai dengan porsi serta kemampuan harian Anda, sehingga tidak terlihat berat dan juga membuat Anda terbebani oleh pekerjaan.

Lakukan setiap tugas yang menjadi tanggung jawab Anda dengan baik, jangan pernah merasa rugi dalam memberikan yang terbaik dalam pekerjaan Anda.

Bukan rahasia lagi jika sebagian besar orang beranggapan bahwa hari Senin adalah hari yang paling tidak ditunggu, terutama bagi yang telah bekerja. Hari yang berat, begitu kata orang menggambarkannya.

Ubah pola pikir dan cara kerja Anda, sehingga hari Senin bukan lagi hari berat dan tidak Anda rindukan sepanjang tahun.

SUMBER