Manfaat Sehat Yang Bisa Diperoleh dari Buah Kiwi Untuk Bayi

0
480

Kiwi merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan serat dan manfaat untuk kesehatan. Meskipun bentuknya kecil, namun kiwi menyimpan banyak manfaat untuk tubuh jika dikonsumsi secara rutin dan teratur.

Seperti halnya jenis buah yang lainnya, kiwi mengandung sejumlah nutrisi seperti vitamin, mineral dan tentunya antioksidan yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga terhindar dari kemungkinan resiko penyakit.

Kandungan antioksidan pada kulit buah kiwi tiga kali lebih banyak jika dibandingkan dengan daging buahnya. Tentunya antioksidan tersebut bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan membantu memperbaiki sel-sel tubuh.

Tekstur buah kiwi memang lembut sehingga bisa dikonsumsi oleh semua usia termasuk bayi yang sudah mendapatkan MPASI. Lalu apa saja manfaat buah kiwi untuk bayi? Simak penjelasan berikut ini. Beberapa Manfaat Luar Biasa Yang Bisa Diperoleh dari Buah Kiwi:

1. Mengandung Serat

Buah kiwi sangat tinggi akan kandungan serat larut dan tidak larut. Nah, kandungan serat tersebut bermanfaat untuk memelihara kesehatan sistem pencernaan dan membantu meningkatkan kesehatan jantung si kecil.

2. Senyawa Bioaktif

Disamping kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan, kiwi juga mengandung senyawa bioaktif yang membantu antioksidan untuk melindungi si kecil dari bahaya infeksi bahkteri didalam tubuh. Dengan begitu maka si kecil tidak akan mudah terkena penyakit.

3. Magnesium

Kandungan magnesium pada kiwi berguna untuk membantu proses pembentukan energi. Hal ini tentunya berguna untuk menunjang tumbuh kembang si kecil.

4. Mencukupi Kebutuhan Vitamin C

Seperti yang dikatakan diawal bahwa buah kiwi kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan. Nah, buah ini tentuny sangat cocok bagi bayi dalam mencukupi kebutuhan vitamin C harian dalam setiap tahap tumbuh kembangnya.

5. Vitamin E

Vitamin E merupakan salah satu jenis antioksidan yang sangat penting guna mencegah penyakit yang bisa menghambat tumbuhkembang si kecil.

Setelah kita mengetahui manfaat luar biasa buah kiwi untuk bayi, lalu kapankah waktu yang tepat untuk memberikan buah kiwi pada bayi? Buah kiwi bisa diberikan pada bayi sejak usia 10 hingga 12 bulan.

Pemberian buah kiwi bisa dalam bentuk potongan-potongan kecil karena teksturnya lembut sehingga akan lebih mudah dicerna dan dikunyah oleh bayi. Karena daging buahnya yang lembut maka buah kiwi tidak akan membahayakan si kecil ketika dimakan.

Bagi Anda yang masih kebingungan untuk menyajikan buah kiwi pada bayi, berikut ada beberapa saran penyajian yang mungkin bisa menjadi referensi yang bermanfaat. Simak saran penyajian berikut ini.

  • Menghaluskan buah kiwi dan mencampurkannya kedalam yoghurt.
  • Buah kiwi dihaluskan untuk dijadikan selai atau jelly. Berikan langsung pada bayi ataupun dioleskan pada roti dan biskuit bayi.
  • Diolah menjadi milkshake dan discampurkan susu.
  • Bisa dijadikan camilan es loli yang sehat dan alami.

Penyajian buah kiwi untuk bayi sebenarnya tergantung kreativitas dari Bunda. Sebisa mungkin ciptakan olahan yang menarik sehingga si kecil lebih bersemangat untuk mengkonsumsinya. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diingat dalam memberikan buah kiwi untuk bayi yaitu,

  • Jangan memberikan buah kiwi terlalu berlebihan karena bisa membuat pencernaan si kecil terganggu akibat rasa asam yang tinggi.
  • Waspadai gejala alergi buah kiwi pada anak.
  • Hindari tersedak pada bayi akibat biji-biji kecil dari buah kiwi.
  • Jangan sampai kulit buah termakan.

SUMBER