Cara Mengatasi Anak yang Malas Belajar

0
377

Bagi orang tua mendidik anak memang bukan suatu hal yang mudah. Sebab mendidik anaka itu membutuhkan suatu usaha yang ekstra. Adakalanya seorang anak mengalami masa-masa kenakalan dan sebagainya. Kenakalan seorang anak itu biasanya tidak jauh dari rasa malas pada saat di suruh untuk belajar dan itu adalah hal yang wajar.

Seorang anak yang nakal biasanya enggan untuk belajar, mereka cenderung lebih memilih untuk melakukan hal hal yang membuat ia merasa senang puas dan hal tersebut biasanya membuat orang tua menjadi marah.

Mendidik anak yang nakal dan malas untuk belajar itu pada dasarnya ada caranya tersendiri. Bagaimana caranya? Berikut adalah cara mengatasi anak yang susah belajar :

Anak malas belajar itu merupakan suatu masalah yang paling sering dihadapi oleh para orang tua, hal ini terjadi disebabkan karena adanya banyak faktor yang bisa mempengaruhi seorang anak menjadi sangat malas untuk belajar.

Factor tersebut contohnya adalah anak lebih untuk bermain, nonton TV, dan factor factor yang lain. Anak yang mengalami malas belajar itu biasanya beranggapan jika belajar itu adalah hal yang membosankan dan bukan merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan seperti saat ia bermain, nonton tv dan lain sebagainya.

Maka dari itu anda selaku orang tua harus mengetahui bagaimana caranya untuk mengatasi anak yang malas belajar. Nah, berikut ini adalah tips jitu cara mengatasi anak malas belajar:

  • Jadikan diri anda sebagai orang tua yang memiliki kesabaran ekstra pada saat mengajari anak, jangan sampai anda menjadi orang tua yang gampang marah pada anak.
  • Berikan reward pada anak.
  • Dampingi anak pada saat ia sedang belajar.
  • Belilah buku buku pelajaran pada anak yang memiliki gambar menarik, sehingga hal itu akan menarik perhatian anak untuk semangat dalam belajar.
  • Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

SUMBER