Info Kesehatan : Hal-hal yang Harus Diwaspadai Ketika Kandungan Telah Mencapai Usia 7 Bulan

0
322

Usia kandungan 7 bulan menjadi usia kandungan yang ‘sakti’ bagi banyak ibu hamil. Banyak hal yang bisa terjadi di trisemester ketiga kehamilan ini. Karena itu tidak heran jika banyak daerah di Indonesia memiliki upacara adat untuk ibu hamil 7 bulan, atau secara umum dikenal dengan istilah nujuh bulanan.

Upacara adat atau ritual lain saat hamil 7 bulan tak lain adalah untuk mendoakan ibu dan janin sehat hingga saat persalinan. Namun disamping itu ada beberapa hal yang mungkin harus diwaspadai untuk Ibu Hamil yang sedang mengandung 7 bulan :

1.Hati-hati dalam berjalan

Saat memasuki trisemester ketiga, berat janin semakin bertambah. Begitu juga dengan barat badan ibu. Keseimbangan badan menjadi hal yang harus diwaspadai ibu saat beraktivitas, terutama saat berjalan. Ibu hamil 7 bulan harus lebih berhati-hati berjalan karena rentan terjatuh atau terpeleset.

2.Pre-eklampsia

Pre-eklampsia adalah sindrom pada ibu hamil yang ditandai tekanan darah tinggi, kenaikan kadar protein dan pembengkakan pada tungkai kaki.

Meski sindrom ini bisa terjadi sejak usia kandungan 20 minggu, atau sebelum menginjak tujuh bulan, namun efeknya bisa terjadi hingga trisemester ketiga bahkan hingga saat persalinan.

Gejalanya, sakit kepala di dahi, nyeri diantara perut dan dada, gangguan penglihatan, mual, gangguan pernapasan, hingga tidak sadarkan diri. Sindrom ini bisa dicegah dengan diet makanan rendah lemak mengurangi garam, dan istirahat yang cukup.

3.Kenaikan gula darah (gestasional diabetes)

Meski hanya sekitar empat persen di dunia mengalami diabetes saat kehamilan ini, namun tetap harus diwaspadai.

Kenaikan gula darah ini bisa terjadi pada usia kehamilan 24-27 minggu. Namun efeknya bisa hingga trisemester ketiga kehamilan atau saat hamil 7 bulan. Risiko ini bisa dihindari dengan konsumsi makanan berserat, rajin berolahraga dan rajin kontrol berat badan.

4. Bayi lahir prematur

Banyak penyebab bayi lahir prematur, baik dari sisi ibu, janin atau lingkungan. Minimalkan pemicu bayi lahir prematur dengan disiplin kontrol kehamilan untuk mengetahui potensi bayi anda lahir sebelum 37 minggu.

5.Kaki bengkak

Kehamilan trisemester ketiga otomatis membuat berat badan bertambah dan beban kaki semakin berat. Rajinlah lakukan olahraga kaki. Baik yang ringan dengan menggerakkan pergelangan kaki atau ditekuk, atau berenang dan berjalan di dasar kolam, namun harus tetap hati-hati dan harus didampingi.

6.Kelebihan berat badan

Saat hamil tujuh bulan ibu hamil biasanya akan makan dengan lebih lahap. Namun ibu harus waspada dengan kelebihan berat badan. Kenaikan berat badan ibu hamil yang ideal berbeda sesuai dengan berat badan dan tinggi sang ibu sebelum hamil.

Jika berlebihan akan menyebabkan sesak saat beraktivitas dan dapat mengganggu proses persalinan. Untuk mengontrolnya, saat makan ibu bisa mengurangi konsumsi makanan mengandung karbohidrat dan memperbanyak makanan berprotein, serta buah dan sayuran hijau.

SUMBER