Resep Choco Lava Anti Gagal Tanpa Mixer Dan Panggangan

0
600

Menu yang satu ini konon kerap bikin orang ketagihan. Daripada repot harus ke cafe atau restoran untuk mendapatkannya, kenapa tidak coba sendiri resep choco lava yang super simpel ini. Dijamin bikin keluarga ketagihan deh!

Chocolate lava cake atau yang sering disingkat Choco lava adalah cake coklat yang lembut diluar dengan coklat yang lumer di dalamnya. Namun tahukah kamu? Pada sejarahnya, choco lava ini terjadi berawal dari kegagalan seorang koki. Sang koki mengeluarkan cake coklat dari oven terlalu cepat sehingga membuat bagian dalam cake masih cair dan meleleh seperti lava ketika dipotong.

Ciri khas dari choco lava adalah bagian luarnya yang lembut dan moist namun bila bagian tengah cake dibelah, akan mengalir lelehan coklat panas yang super enak. Nah, ternyata cake semacam ini tidak perlu dibuat menggunakan oven, dengan kukusan seadanya pun bisa kok.

Bahan:

  • Margarin atau butter 4 sendok makan
  • Dark Chocolate Compound (DCC) 60 gram
  • Telur 4 butir
  • Gula pasir 2 sendok makan
  • Susu kental manis 4 sendok makan
  • Tepung terigu 3 sendok makan

Cara membuatnya:

  1. Lelehkan margarin atau butter dengan DCC, sisihkan. Kocok telur dan gula dengan garpu hingga gula larut, lalu masukkan ayakan tepung, campur hingga rata sambil tuang campuran DCC dan margarin yang telah cair, dan susu kental manis perlahan-lahan.
  2. Panaskan kukusan. Sementara itu oles cetakan dengan margarin agar adonan tidak lengket.
  3. Tuang adonan ke dalam cetakan, lalu kukus dengan api besar selama 5 menit. Angkat dan sajikan.
  4. Untuk mempercantik tampilan, taburkan gula halus dan bubuk cinnamon di atas choco lava yang sudah dikeluarkan dari cetakan. Tambahkan buah cherry atau strawberry, agar semakin menggugah selera.

SUMBER