8 Kebiasaan Sehat yang Perlu Diajarkan Pada Anak

0
424

Sebagai orangtua kita wajib memberikan nasihat atau kebiasaan-kebiasaan sehat pada anak, karena kebiasaan-kebiasaan inilah yang akan menjadi kuncinya dimasa depan. Namun kebiasaan ini juga perlu perhatian khusus oleh para orangtua, bagaimana caranya agar sang anak bisa menerima dan memahami maksud dan pesan yang ingin disampaikan oleh Anda. Berikut adalah kebiasaan yang bisa Anda ajarkan pada anak.

1. Tidak melewatkan sarapan.
Ibarat bensin pada mobil, sarapan sehat dan bernutrisi merupakan hal penting sebagai bahan bakar tubuh yang membantu Anda dan anak-anak berkonsentrasi dan bersemangat mengawali hari, setidaknya sampai jam makan siang.

2. Minum air putih
Membiasakan gaya hidup sehat dengan rutin minum air putih setiap hari, bukan hanya ketika haus saja.

3. Cuci tangan menggunakan sabun.
Mencuci tangan dengan teknik yang benar, yakni; menggunakan sabun, gosok lembut selama 20 detik, dan bilas bersih. Lakukan sebelum dan setelah makan, sehabis pup, memegang uang, dan sebagainya.

4. Buang sampah pada tempatnya.
Ajarkan anak setelah makan atau minum berkemasan, tidak lupa untuk membuang bungkus pada tempat sampah. Bukannya meletakan disembarang tempat.

5. Aktivitas di luar.
Batasi waktu untuk nonton TV dan bermain gadget. Dorong anak agar beraktivitas di luar, seperti bermain bersama teman, mengajak binatang kesayangan keliling komplek, maupun berolah raga agar tubuhnya senantiasa bergerak.

6. Family time
Habiskan dan nikmati waktu berkualitas bersama keluarga. Tentu bisa meningkatkan bonding, ketika seluruh anggota keluarga dapat berkumpul dan duduk bersama membuat jiwa bahagia, dan memengaruhi tubuh menjadi sehat pula.

7. Rutin mandi.
Tidak lupa membersihkan diri, pada pagi sebelum memulai aktivitas dan sore hari seusai beraktivitas, memastikan kotoran dan kuman yang menempel pada tubuh menghilang.

8. Pilih camilan sehat.
Siapkan dan berikan kudapan sehat, seperti buah dan snack ringan yang aman untuk balita untuk menjaga kesehatannya tetap tekontrol.