Manfaat Baik Menjemur Bayi di Terik Matahari Pada Pagi Hari

0
330

Tahukah Anda, bahwa kebiasaan menjemur bayi di pagi hari adalah kebiasaan yang sangat baik dan menyehatkan bagi bayi Anda? Berikut ini adalah beberapa catatan penting yang mungkin perlu Anda ketahui tentang manfaat menjemur bayi di pagi hari.

1. Menjemur bayi itu tidak harus lama. Cukup 10-15 menit saja antara jam 7-8 pagi. Tidak harus setiap hari juga. Anda boleh melakukannya berselingan hari.

2. Sinar matahari pagi antara jam 7 sampai jam 8 pagi sangat kaya dengan vitamin D dan spektrum sinar biru. Vitamin D sangat baik bagi bayi karena dapat membuka kalsium sehingga dapat mudah terserap oleh aliran darah, dan menyatu dengan tulang. Spektrum biru sangat bermanfaat untuk memecah atau mengurangi bilirubin dalam darah, sehingga bayi yang kuning dapat normal kembali.

3. Jangan menjemur bayi setelah pukul 8 pagi, karena pada saat itu matahari mengandung sinar ultraviolet A dan B yang dapat merusa kulit. Apalagi kulit bayi masih sangat sensitif.

4. Lepaskan baju bayi Anda, kecuali celana atau popoknya. Sesekali bolak-balik bajunya agar seluruh tubuhnya mendapatkan kehangatan sinar matahari yang menyehatkan.

5. Bayi prematur tidak boleh dijemur. Terutama pada awal-awal klahiran. Karena bayi prematur membutuhkan penyesuaian suhu dengan lingkungan sekitarnya.

6. Tidak ada batasan pada usia diperbolehkannya menjemur bayi. Jangan hanya menjemur bayi pada seminggu setelah lahir saja. Tapi pada minggu-minggu berikutnya pun, masih sangat boleh dan bermanfaat untuk menjemur bayi di pagi hari.

7. Jangan tinggalkan sendirian, lakukanlah pijatan-pijatan lembut dengan menggunakan baby oil atau minyak zaitun. Anda juga bisa mengajak bayi ngobrol atau melakukan kontak mata dengannya.

8. Sebaiknya melakukan kebiasaan yang baik ini sebelum memandikan bayi di pagi hari.

SUMBER