Enam Tips Pemulihan Stamina Setelah Melahirkan

0
332

Melahirkan tentu menguras banyak tenaga ibu. Setelah bayi lahir, pekerjaan mulia sebagai seorang ibu sudah menanti di depan mata yaitu mengurus bayi dengan penuh kesabaran. Mengurus bayi yang baru lahir akan menguras stamina fisik dan mental. Jadi memang persiapan pasca melahirkan perlu diantisipasi selain persiapan persalinannya.

Enam Tips Pemulihan Stamina Setelah Melahirkan :

  1. Istirahat yang cukup. Keinginan untuk segera menimang buah hati ibu pasca melahirkan sangat besar, namun apa mau dikata kondisi stamina belum pulih benar. Istirahat dulu untuk pemulihan stamina yang terkuras setelah melahirkan. Dengan beristirahat yang cukup, ibu bisa mengurus bayi dengan lebih baik, lebih ceria dan jauh dari stress. Minta bantuan kepada keluarga untuk menjaga bayi selagi ibu beristirahat.
  2. Jangan melakukan pekerjaan rumah tangga. Sebisa mungkin ibu memiliki asisten rumah tangga, sehingga jika belum mendapatkan atau tidak mau menggunakan jasa pengasuh bayi, perhatian dan tenaga ibu bisa tercurah untuk si bayi. Lain halnya jika telah ada kakak si bayi, perlu ada pengasuh bayi yang membantu untuk mengurus bayi sehingga kakak tetap mendapatkan waktu untuk beraktivitas bersama ibu dan tidak merasa terabaikan.
  3. Makan makanan yang sehat dan bergizi. Asupan makanan yang bergizi tinggi akan membantu pemulihan stamina ibu setelah melahirkan. Selain pemulihan tenaga, makanan yang bergizi juga bagus untuk produksi Air Susu Ibu (ASI). Makan makanan empat sehat lima sempurna dengan porsi sumber protein, sayur mayur dan buah-buahan ditambah.
  4. Berbagilah dengan pasangan. Pasca melahirkan banyak sekali yang berubah pada diri ibu. Perubahan fisik seperti terlihat lebih gendut stamina-setelah-melahirkanyang mengurangi rasa percaya diri dan perubahan psikis seperti mengalami baby blues. Ceritakan apapun yang menjadi pikiran ibu kepada pasangan. Dukungan pasangan sangat berarti untuk pemulihan psikologis setelah melahirkan. Ayah juga harus meluangkan waktu lebih banyak untuk kakak sehingga dia merasa kasih sayang kedua orang tuanya tidak berkurang walaupun sudah ada adik bayi.
  5. Tuntaskan masa nifas. Selalu pelihara kebersihan daerah intim. Kenali gejala-gejala kurang darah. Tambah asupan sumber makanan yang mengandung zat besi, jika perlu suplemen penambah darah.
  6. Jika melahirkan secara caesar, pastikan luka operasi caesar tertutup dengan baik dan hindari aktivitas fisik yang dapat menimbulkan cedera pada luka.

SUMBER