Kenali 4 Gangguan Kulit Pada Bayi dan Trik Mengatasinya

0
553

Kenali masalah dan fakta anggota tubuh bayi mulai dari kepala hingga kaki. Kali ini kita akan membahas tentang kulit bayi. Yuk, cari tahu cara mengatasinya ketika muncul masalah!

Saat lahir
Begitu lahir, wajah bayi berlumuran darah, amniotic, dan vernix. Wajahnya terlihat datar dan lecet, pipinya berkerut. Tapi tidak perlu khawatir, sebab lecet dan kerutan ini akan menghilang sendirinya.

Milia
Tampak bintik-bintik putih di area wajah bayi. Pada kelopak mata, hidung, pipi, atau dagu. Bintik putih atau disebut juga milia ini terjadi akibat pori-pori yang tersumbat keratin (protein) maupun terjadi gangguan pada kulit, akibat terlalu lama ‘dijemur’ sinar matahari. Menurut mayo clinic, milia akan hilang sendiri namun segera hubungi dokter jika tidak hilang juga selama lebih dari 3 bulan. Hindari untuk menekan-nekan milia, melainkan rawat dengan rutin membersihkan wajahnya dengan air dan sabun bayi secara lembut sehari sekali.

Berjerawat
Menurut Shari Nethersole, M.D., dokter di Children’s Hospital, Boston, AS, jerawat timbul akibat adanya aktivitas hormonal dalam tubuh bayi setelah lahir. Hal ini tidak mengganggu bayi itu sendiri akan menghilang sendiri setelah beberapa minggu. Jadi, hindari mengolesi krim-krim anti jerawat. Sebaiknya konsultasikan pada dokter pada kunjungan rutin Anda.

Ruam susu
Munculnya ruam susu atau dermatitis atopik, biasanya dialami bayi setelah minum ASI karena ibu mengonsumsi asupan alergi (pada setiap orang berbeda). Tapi lebih dari itu, ruam susu juga bisa akibat polusi udara, suhu panas, atau kuman dan kotoran di dalam bantal dan selimut. Segera atasi, sebab ruam susu bisa menyebar hingga ke leher dan punggung dan terasa gatal sehingga si kecil selalu ingin menggaruk. Jauhi pencetus alergi pada ibu, serta mengoleskan krim pelembap pada pipinya.

Digigit Nyamuk
Gigitan nyamuk meninggalkan bintik-bintik merah atau hitam. Kecuali nyamuk penyebar penyakit, seperti Anopheles dan Aedes aegypti, umumnya gigitan nyamuk tidak akan mencederai anak dan bekas gigitannya akan menghilang dengan sendirinya. Bantu cepat hilang bintik-bintiknya, dengan menaburkan bedak yang mengandung senyawa mentol pada kulit yang digigit nyamuk saja. Lebih dari itu, jaga kulit si kecil supaya jangan sampai tergigit nyamuk. Misalnya dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta memasang kelambu di atas tempat tidurnya.

SUMBER