Ini Caranya Agar Anak Tak Mengganggu Gadget Anda

0
332

Harus diakui Anda pasti susah lepas dari gadget, terutama smartphone. Hampir setiap saat—terutama yang berhubungan dengan pekerjaan—Anda harus melakukan berbagai kegiatan melalui benda ini. Seperti mengecek email pekerjaan bahkan menggantikan fungsi laptop Anda sementara. Masalahnya, pengguna smartphone Anda kadang bukan Anda sendiri, tapi anak pun ikut memainkannya. Agar anak tak menjadi ketagihan bermain smartphone Anda, simak cara ini.

1. Simpan smartphone di tempat yang tak bisa dijangkau (bahkan dilihat) anak. Sebagai gantinya berikan mainan edukatif yang membuat anak menjadi sibuk, misalnya buku mewarnai, atau membuat berbagai benda dengan PlayDoh.

2. Batasi waktu penggunaan smartphone untuk Anda sendiri. Misalnya, ketika bersama anak, Anda tidak menggunakannya sehingga Anda lebih fokus mengurusnya. Ingat, perilaku anak cenderung meniru orangtua, melihat Anda selalu sibuk dengan ponsel, ia pun akan sulit terlepas dari benda itu.

3. Jika anak terlanjur memegang smartphone Anda, berikan benda lain untuk mengalihkannya. Ambil mainan lainnya yang selalu menarik perhatiannya, misalnya boneka atau miniatur mobil koleksinya. Libatkan diri Anda untuk bermain dengannya sehingga anak tak merasa tak diacuhkan.

4. Matikan smartphone untuk momen-momen tertentu, misalnya saat berada di tempat ibadah, ketika akan tidur, atau saat pertemuan keluarga. Gunanya agar si kecil juga belajar jika smartphone adalah alat yang digunakan sesuai keperluan.

5. Ketika Anda harus menjawab telepon yang masuk sementara Anda sedang bersama anak, jelaskan kepadanya jika Anda harus menjawab teleponnya dan ia harus bermain sendiri sementara. Jangan lupa janjikan jika setelahnya Anda akan menemaninya lagi.

SUMBER