Ternyata Penggunaan Bedak dan Minyak Bayi Bisa Berbahaya!

0
580

Para ibu dan orangtua yang memiliki bayi pastilah gemar menggunakan bedak dan minyak bayi seperti minyak telon atau minyak jenis lainnya. Kebiasaan ini seringkali ditemui pada ibu-ibu dan orangtua di Indonesia. Namun tahukah kamu bahwa bedak bayi dan minyak memiliki efek berbahaya bagi bagi bayi?

Ketika bedak dioleskan di kulit bayi, senyawa bedak dan keringat akan bercampur. Percampuran inilah yang membuat kuman di permukaan kulit berkembang biak. Terutama di bagian tertutup seperti lipatan leher, ketiak, atau selangkangan.

Jika tujuannya untuk membuat tubuh bayi menjadi harum, untuk mengeringkan keringat, dan menyeka bekas BAK (buang air kecil) atau sesudah cebok, sebaiknya bedak tidak dibolehkan.

Selain itu, campuran air dan bedak akan menutup pori-pori kulit bayi yang sangat halus. Untuk membersihkan bayi, sebenarnya cukup gunakan air, lalu seka sampai benar-benar kering. Cukup seperti itu, tanpa ditambah dengan bedak atau minyak lainnya. Bedak hanya boleh dipakai untuk mencegah tergoresnya kulit kering.

Namun di negara tropis seperti Indonesia kulit kering jarang terjadi mengingat udara yang cukup lembap dan kulit cenderung lebih basah. Berbeda dengan di negara empat musim yang mempunyai kelembapan udara lebih rendah.

Jika terpaksa pakai bedak, sebaiknya bubuhkan tipis saja di permukaan kulit. Taburkan sedikit bedak di tangan kita, lalu oleskan tipis-tipis di bagian tubuh, terutama yang mudah tergores.

Sama seperti bedak, bahan minyak pun demikian. Misalnya minyak telon dan minyak kayu putih yang sering digunakan dengan alasan mencegah masuk angin dan menghangatkan tubuh bayi (terutama minyak kayu putih).

Bahan minyak-minyakan, terutama baby oil dan baby cream, lebih parah lagi dampaknya dalam hal menyumbat pori-pori kulit dan saluran kelenjar keringat. Oleh karena itu, sebaiknya produk minyak-minyakan itu tidak gunakan pada kulit bayi. Selain menyumbat pori, bahan minyak-minyakan, seperti minyak telon dan minyak kayu putih, dapat menyebabkan iritasi bagi kulit bayi.

Kalau alasannya untuk menghangatkan tubuh, cukup kenakan baju hangat untuk bayi Anda. Tidak kalah penting, dekaplah bayi Anda. Selain memberi kehangatan, juga menambah erat ikatan emosional antara orangtua (ibu) dengan bayi. (dj)

SUMBER