Hindari Gangguan Fisik Pada Anak Dengan Tidak Melengkapi TV di Dalam Kamarnya

0
377

Bila Anda termasuk orangtua yang berpikiran untuk menyediakan televisi di kamar anak, sebaiknya tunda dulu keputusan itu. Bukan karena tidak sayang anak namun melengkapi kamar anak dengan televisi ternyata bisa menyebabkan gangguan fisik. Nah loh!

Hal itu disampaikan Dr David Katz, seorang peneliti dari Yale University Prevention Research Center. Menurutnya, anak bisa kecanduan menonton televisi hingga larut malam dan pola tidurnya akan menjadi tak teratur.

Peneliti lain, Diane Gilbert-Diamond dari Dartmouth Medical School bahkan menemukan fakta bahwa anak yang di kamar tidurnya memiliki televisi, cenderung mengalami kenaikan berat badan rata-rata 1 kg per tahunnya. Memang apa hubungan televisi dengan berat badan?

Para peneliti menegaskan bahwa alasan keterkaitan antara televisi dengan risiko obesitas pada anak belum bisa dipastikan. Diduga kuat hubungan ini terjadi akibat paparan iklan makanan terutama junk food, serta gangguan pola tidur yang kemudian berpengaruh pada peningkatan nafsu makan.

“Orang tua perlu memikirkan kembali mengenai hal ini. Menyingkirkan televisi dari kamar tidur anak adalah salah satu cara efektif untuk mencegah obesitas pada anak,” tutur Gilbert-Diamond.

Dr William Muinos, dari Miami Children’s Hospital, Florida juga menambahkan bahwa anak-anak yang memiliki televisi di kamarnya cenderung mengisolasi diri dari keluarga. Mereka jarang bermain di luar rumah, kurang aktif, dan jadi sering mengemil sambil menonton televisi atau bermain video game.

“Kebiasaan ini yang berisiko meningkatkan berat badan secara tak terkendali,” imbuhnya.

SUMBER