Tips Menghindari Serangan Gagal Jantung Sejak Muda

0
281

Penyanyi yang populer tahun 80’an, George Michael telah tutup usia di umurnya yang ke 53 tahun. Kepolisian menyatakan penyebab kematiannya adalah gagal jantung alias lemahnya otot jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Mencegah penyakit ini dapat dimulai dari hidup sehat sejak muda. Nah, berikut ini langkah untuk menghindari risiko gagal jantung yang patut kamu ketahui :

Mengurangi garam

ahloo-2100-garam-masak-dapur

Sejak muda cobalah mengurangi bumbu garam pada masakan yang kamu konsumsi.

Batasi Pemakaian Gula

ahloo-2100-permen-warna-gula-manis

Selain garam, gula yang menyebabkan diabetes juga jadi faktor pemicu gagal jantung.

Perbanyak Minum Air Putih

ahloo-2100-wanita-air-putih-olahraga

Jauhi alkohol dan minum lebih banyak air putih. Untuk yang sering mengkonsumsi kopi dan teh, sekarang juga harus sudah mulai dijaga dan dikurangi, terkait kandungan yang terdapat pada kopi itu kurang baik jika dikonsumsi secara berlebihan.

Atur kebutuhan lemak jenuh

ahloo-2100-tongseng-sapi-kambing-santan-lemak

Lemak jenuh terdapat dalam kambing, kerang, kuning telur, dan udang. Nah, jika ingin jantung sehat coba batasi konsumsi daing kambing kurang dari 100 gram sehari.

Menghindari rokok

ahloo-2100-pria-merokok-bar-paru-paru

Selain mengotori paru-paru, asal rokok menjadi penyebab kerja jantung melemah. Namun tahukah kamu? Bahwa perokok pasif jauh lebih cepat terkena serangan paru-paru karena metabolismenya yang belum terbiasa oleh asap rokok.

Berolahraga kardio

ahloo-2100-sepeda-kardio-gym

Kardio seperti jalan kaki atau bersepeda dapat memperingan kerja jantung. Jalan kaki 15-20 menit untuk hidup yang lebih baik.

SUMBER