6 Langkah Lakukan Meditasi Murah dan Pastinya Mudah Untuk dilakukan

0
227

Setelah sepekan diburu stres karena tugas kuliah atau mungkin deadline kerjaan yang tiada habisnya, ada baiknya kamu sedikit relaksasi dengan bermeditasi pada hari santai seperti Sabtu atau Minggu. Selain hanya membutuhkan waktu singkat, aktivitas ini juga termasuk murah dan mudah pastinya. 

Sebuah riset di University of Ketucky menunjukkan bahwa meditasi dapat menggantikan jam tidur yang mungkin terlewat atau kurang dalam aktifitas kita seharian. Agar proses melepaskan stres ini berhasil, coba deh untuk melakukan meditasi dengan enam tahapan berikut :

Menentukan durasinya

ahloo-1000-meditasi-1

Tujuan kamu meditasi untuk melepaskan stres. Makanya penting untuk menentukan durasi yang kamu rasa bisa dilampaui dalam keadaan diam, tenang, dan sadar. Sebagai pemula, tiga sampai lima menit adalah waktu yang baik. Jangan kurang dan jangan terlalu berlebihan juga.

Memilih tempat

ahloo-1000-meditasi-3

Tempat salah satu faktor yang sangat berpengaruh untuk kelangsungan fokus meditasi yang akan kamu lakukan. Kamu tidak harus ke goa untuk menyepi, tapi setidaknya pastikan lokasi meditasi kamu tidak terganggu dengan suara manusia, telepon genggam, atau suara bising lainnya yang dapat mengganggu konsentrasi meditasi kamu.

Posisi terbaik

ahloo-1000-meditasi-2

Tentukan posisi terbaik untuk kamu, boleh duduk di kursi, bersila, atau tidur terlentang. Tapi pastikan juga kamu tidak menggunakan perhiasan, sepatu yang mengekang, atau pakaian ketat saat meditasi. Karena itu mungkin akan mengganggu berlangsungnya meditasi yang kamu lakukan.

Mengatur nafas

ahloo-1000-meditasi

Nafas tak kalah penting dalam meditasi. Atur, rasakan pola yang nyaman secara sadar, dan lakukan secara konsisten.

Membebaskan pikiran

ahloo-1000-meditasi-pikiran

Kadang kali dengan mata terpejam ada banyak pikiran yang melintas di benak kamu. Jangan rangsang ide-ide itu datang, tapi kamu harus menunggu dengan tenang, dan biarkan itu bersatu dengan ragamu sampai berlalu (bukan ditakacuhkan). Lebih baik lagi jika kamu menenangkan pikiran dengan hal-hal yang positif.

Stretching

ahloo-1000-meditasi-stretching

Akhiri sesi bermeditasi kamu dengan stretching di beberapa bagian tubuh. Misalnya dengan memutar badan dan menarik kaki. Intinya ada latihan pergerakan ringan agar fungsi kerja badan kamu lebih ringan dan lebih merasa rileks. Selamat mencoba!

SUMBER