Ini Usia Ideal Masa Kehamilan Pada Perempuan

0
703

Janet Jackson, bintang pop sekaligus saudari penyanyi legendaris, Michael Jackson dikabarkan telah melahirkan seorang bayi laki-laki, anak pertamanya dengan pengusaha Wissam Al Mana. Uniknya, Janet melahirkan di usia yang sudah tak terbilang muda lagi, 50 tahun. Atas peristiwa itu lalu muncul pertanyaan apakah aman melahirkan di usia lebih dari 35 tahun? Berapakah usia ideal bagi perempuan untuk hamil?

Dalam kurun waktu tahun 2000-2013, data Centers for Disease Control and Prevention menunjukkan persalinan pada wanita berusia di antara 50-54 tahun meningkat menjadi 165%. Perempuan di atas umur 30 atau 40 tahun cenderung merasa lebih yakin dan aman menjadi ibu setelah meniti karir mereka di dunia kerja.

Selain itu studi terbaru menunjukkan bahwa kehamilan yang terjadi di atas usia 35 tahun memberikan banyak manfaat bagi si ibu. Teknologi kesehatan yang semakin canggih membuat harapan hidup si bayi dan ibu menjadi lebih tinggi bila melahirkan di atas usia 35 tahun.

ahloo-perempuan-hamil-tua

Para peneliti dari Universitas Southern California melakukan tes pada 850 responden perempuan yang mendekati masa menapause. Hasilnya, perempuan yang melahirkan di atas usia 24 tahun lebih memiliki ketajaman mental, kemampuan memecahkan masalah, serta kemampuan verbal yang lebih baik ketimbang perempuan yang melahirkan di usia 15 hingga 24 tahun.

Sementara perempuan yang melahirkan di atas usia 35 tahun memiliki memori verbal dan kemampuan kognitif yang lebih baik. Faktornya ialah lonjakan hormon estrogen dan progesteron selama masa kehamilan.

Akan tetapi seperti dikutip dari Pregnancy.co.au, perempuan yang melahirkan di usia lebih tua cenderung menjalani persalinan dengan alat bantu (induksi) atau lewat bedah caesar, meskipun kehamilannya tak bermasalah. Hal ini karena tubuh mereka sudah tak begitu luwes atau sefleksibel perempuan dengan usia lebih muda, sehingga cenderung membutuhkan intervensi saat persalinan.

ahloo-usia-ideal-hamil-1

Data menunjukkan, semakin tua usia ibu saat hamil, maka risiko komplikasinya juga semakin tinggi. Komplikasi yang dimaksud menyangkut berbagai hal seperti tekanan darah ataupun gula darah (diabetes gestasional) yang bisa berpengaruh ke kondisi si ibu.

Memutuskan kapan untuk memiliki bayi tidak pernah sederhana. Kehamilan pada usia berapa pun memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Hal terpenting adalah bahwa kamu harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter untuk menjaga kehamilan sesehat mungkin.

Sumber : update ahloo