Diam-diam 4 Makanan Ini Bisa Merusak Jantung dan Sistem Peredaran Jantungmu!

0
605

Jantung dan sistem peredaran darah adalah salah satu element penting untuk kelangsungan aktifitas yang ada didalam tubuh. Jantung akan menjadi tidak sehat dan bekerja dengan baik apabila kita tidak mampu menjaga asupan dan pola makan yang sehat. Pola makan sehat sering diabaikan karena malasnya orang untuk membuat makanannya sendiri, juga bisa jadi seseorang lebih suka cemilan cepat saji dibandingkan makanan pokok sehari-hari.

Nah cara untuk menghindari hal seperti itu adalah kita harus tahu dulu makanan-makanan apa saja yang kita makan, dan bahan apa saja yang terkandung didalamnya, dilansir dari NGI, berikut adalah makanan-makanan yang tidak baik untuk kesehatan jantung apabila kita terlalu rutin mengkonsumsinya.

1. Burger cepat saji

ahloo jantung

Dalam ilmu kesehatan, lemak jenuh sangat berhubungan erat dengan penyakit jantung. Memang benar ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang daging sapi memiliki kualitas manfaat yang tinggi untuk kesehatan jantung, namun ketika dikombinasikan dengan karbohidrat justru yang terjadi malah sebaliknya, dampak yang dihasilkan justru dapat merusak kesehatan jantung. Jadi jangan terlalu sering untuk mengkonsumsi makanan cepat saji ini ya.

2. Gorengan

ahloo jantung

Sudah bukan rahasia umum lagi jika makanan satu ini menjadi paling favorit di semua kalangan masyarakat, disamping enak harganya pun sangat terjangkau. Namun tahukah kamu? Beberapa studi berhasil mengungkapkan makananan yang dioleh dengan cara digoreng seperti french fries, ayam goreng dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Hal ini bisa terjadi karena metode penggorengan yang konvensional dapat menciptakan jenis zat lemak trans yang dimana lemak itu terbukti dapat meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik.

3. Gula

ahloo jantung

Makanan yang tampaknya sehat seperti sereal sarapan bisa jadi tidak sehat karena banyak kandungan gula didalamnya. Asupan makanan tinggi gula dapat menyebabkan obesitas, inflamasi, kolesterol tinggi bahkan diabetes. Gantilah asupan tinggi gula dengan asupan yang rendah gula, seperti sarapan telur dan buah bisa juga disertai dengan roti bakar.

4. Soda diet

ahloo jantung

Meskipun bebas lemak dan nol kalori, ternyata soda diet juga memiliki efek samping yang cukup berbahaya, yaitu dapat menyebabkan risiko penyakit jantung koroner seperti obesitas dan diabetes.

Peneliti mengungkapkan, orang yang minum dan mengkonsumsi soda diet cenderung mengompensasikan dan mengonsumsi lebih banyak kalori dan zat kimiawi yang terdapat dalam soda diet sebenarnya mengubah bakteri di pencernaan yang membuat pegkonsumsi nya mengalami kenaikan berat badan.