8 Kombinasi Makanan Ini Bisa Bikin Diet Kamu Jadi Lebih Teratur

0
364

Mengkombinasikan makanan tidak hanya membuat rasa hidangan lebih lezat, tetapi juga bisa membantu kamu menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Beberapa studi penelitian menunjukkan, bahwa menggabungkan makanan tertentu bisa meningkatkan sistem pencernaan, menambah energi dan membuat kamu jauh lebih langsing! Sayangnya, tips ini akan berhasil jika kamu serius dan komitmen dalam menjalankan program sehat ini.

Menjaga berat badan itu emang susah-susah gampang! Nah, redaksi ahloo ingin berbagi cerita untuk menurunkan berat badan dengan cara mengkombinasikan beberapa makanan tertentu. Asal kamu lakukan dengan rutin dan nawaitu, maka berat badan dan kondisi badan kamu juga akan ideal dan tetap prima. Simak, ya!

  1. Sayuran + Telur rebus

ahloo kombinasi makanan

Menurut penelitian, telur rebus dapat membantu penyerapan karotenois (pigmen yang menghasilkan warna pada sayuran). Kandungan Karotenoid juga dapat membantu menjaga berat badan, melawan sel kanker dan memelihara kulit dari penuaan dini. Jika kamu sedang mengonsumsi sayuran/salad, jangan lupa untuk menambahkan telur rebus didalamnya ya.

  1. Ikan tuna + Jahe

ahloo kombinasi makanan

Kombinasikan olahan ikan tuna kamu dengan beri tambahan jahe secukupnya. Kombinasi makanan ini tentunya dapat meringankan lemak yang telah kamu konsumsi. Karena jenis zat omega-3 yang terkandung pada ikan tuna mampu mencegah penimbunan lemak berlebih di area perut, sedangkan jahe berfungsi untuk mempercepat pencernaan didaerah lambung dan zat enzim yang mampu mengurangi peradangan pada sistem pencernaan.

  1. Alpukat + Bayam

ahloo kombinasi makanan

Satu-satunya zat bayam yang paling tinggi manfaatnya adalah bayam mampu meningkatkan rasa kenyang dan nafsu makan kamu yang berlebihan, disamping itu bayam  dikenal juga sebagai sayuran yang rendah kalori. Sedangkan alpukat berperan aktif sebagai vitamin B, vitamin E dan kalium. Salah satu cara pengolahannya yang mudah adalah dengan dibuat jus.

  1. Kacang-kacangan + Jagung

ahloo kombinasi makanan

Diet kacang-kacangan ternyata 2x lebih efektif untuk menurunkan berat badan daripada satu porsi nasi dengan jumlah kalori yang sama tanpa legume. Jagung juga berguna untuk menjaga kelangsingan tubuh Karena zat pati nya yang besar dan mampu menyerap sebagian besar kalori dan glukosa dalam tubuh.

  1. Anggur + Melon

ahloo kombinasi makanan

Anggur dan melon adalah salah satu kombinasi buah-buahan yang ideal untuk menghentikan penumpukan lemak berlebih. Melon memiliki zat diuretic alami yang dapat mencegah retensi cairan, sedangkan anggur mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi jumlah lemak tak sehat dalam tubuh.

  1. Ayam bakar + Sambal

ahloo kombinasi makanan

Protein yang terkandung dalam ayam bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Ditambah dengan sambal/cabai yang dapat mempercepat pembakaran lemak dan menekan nafsu makan kamu. Jadi biar nggak sering-sering jajan.

  1. Kentang + Lada

ahloo kombinasi makanan

Kentang dikenal dengan zat kaliumnya yang tinggi. Jika kamu ingin menurunkan berat badan, kamu harus mengolah kentang ini dengan cara direbus atau dipanggang tanpa minyak atau mentega. Lada disini berfungsi sebagai kesehatan untuk mencegah timbulnya pembentukan sel-sel lemak yang baru.

  1. Kayu manis + kopi

ahloo kombinasi makanan

Secangkir kopi dan sedikit tambahan kayu manis mampu mengurangi nafsu makan dan membakar timbunan lemak yang ada didalam tubuh. Biasanya kombinasi ini bisa kamu santap ketika pagi hari atau malam hari.

Nah, jika kamu sudah tau kombinasi makanan yang cocok untuk menjaga berat badan agar tetap ideal, alangkah baiknya jika kamu juga harus mengetahui pantangan-pantangan kombinasi makanan yang harus kamu hindari:

  • Protein dan karbohidrat, seperti Hamburger
  • Dua jenis protein sekaligus, seperti daging dan telur
  • Protein dan sari pati, seperti ayam dan pasta
  • Sari pati dan glukosa, kentang dan saus tomat
  • Gula dan lemak, seperti es krim dan produk roti.

sumber: brightside.me