Percaya atau Nggak, 7 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bisa Merusak Kesehatan Kamu!

0
625

Kesehatan tubuh sangatlah berperan penting untuk kelangsungan hidup kita setiap kali beraktivitas. Pada dasarnya setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat. Segala cara dan upaya ditempuh agar tubuh tetap terjaga dan fit. Beberapa aktivitas sederhana rela dilakukan demi menjaga kesehatan tubuh, mulai dari diet, menjaga pola makan dan berolahraga.

Namun tahukah kamu, bahwa dari aktivitas sederhana itu ada juga aktivitas yang malah bisa kembali menyerang kesehatan tubuh kita. Dikutip dari berbagai sumber, percaya atau ngga, ternyata 7 kebiasaan sepele ini bisa bikin dampak yang nggak baik buat tubuh .

1. Sengaja menahan bersin

ahloo kebiasaan sepele

Buat kamu yang suka nahan-nahan bersin, mending buru-buru kamu rubah deh kebiasaan yang nggak bagus ini. Bersin justru memberikan kita nikmat yang tiada tara, karena dengan kita bersin hampir sebagian kotoran atau virus yang ada di hidung kita hilang. Misalkan kamu suka nahan bersin, justru aliran darah yang mengalir ke otak itu terganggu, ngga cuma itu pembuluh darah dan jaringan saraf pun ikutan keganggu. Akibatnya adalah kamu jadi sakit kepala dan pusing berkepanjangan dan yang lebih parahnya lagi, pendengaran kamu jadi ikutan bermasalah nantinya. Makanya jangan main-main sama bersin ya, walaupun terlihat sepele tapi efeknya besar juga.

2. Pemakaian minyak wangi secara berlebihan itu bikin kamu penyakitan.

ahloo kebiasaan sepele

Siapa yang tidak kenal minyak wangi? Dilihat dari fungsinya, minyak wangi merupakan salah satu barang ‘wajib’ punya untuk setiap orang karena aromanya yang harum. Tapi kamu tahu ngga sih, kalo ternyata zat sintesis yang terdapat di minyak wangi itu bisa bikin kita pusing, mual dan bahkan iritasi. Terkadang untuk sebagian orang biasanya juga menyemprotkan minyak wanginya ke bagian-bagian yang sensitif, seperti leher, pergelangan tangan, dada dan bagian sensitif lainnya. Jadi kamu harus lebih hati-hati dalam pemakaiaan minyak wangi, karena kalo sembarangan itu bisa merusak kesehatan tubuh kamu.

3. Sering menggunakan sabun anti-bakteri justru bisa bikin kulit malah iritasi

ahloo kebiasaan sepele

Sebenarnya boleh-boleh saja menggunakan sabun anti-bakteri, disamping bikin wangi, sabun anti-bakteri juga bisa bikin kulit kita menjadi bersih dan jauh dari penyakit. Lalu apa jadinya jika kita terlalu sering menggunakan sabun anti-bakteri? Penelitian dari Dermatologis mengungkapkan, bahwa ditubuh kita banyak terdapat bakteri baik, bakteri baik ini mempunyai tugas untuk menjaga kulit kita dari debu dan kotoran. Jika kita menggunakan sabun anti-bakteri terlalu sering, maka jangan heran jika kulit kamu jadi bermasalah, karena zat yang terkandung dari sabun itu juga menghilangkan banteri baik yang ada di tubuh kita.

4. Kalo tujuan kamu pake celana jeans ketat biar terlihat fashionable, kamu salah besar!

ahloo kebiasaan sepele

Meskipun celana jeans ketat/skinny telah menjadi trend yang ikonik, ternyata celana jeans yang ketat ini juga memberikan efek yang nggak baik buat kesehatan. Pasalnya celana jeans yang menekan ketat pada permukaan kulit membuat saraf yang ada disekitar pangkal pinggan sampai ujung kaki menjadi terganggu. Hal ini tentunya dapat mengakibatkan gatal-gatal, kesemutan dan mati rasa. (SA)