Ternyata Ada Fakta Kesehatan Buat Kamu yang Suka Menggerak-gerakan Kaki!

0
557

Menggerak-gerakkan kaki saat duduk adalah hal yang wajar saat tubuh kehilangan kesadarannya sementara. Dalam dunia psikologi, menggerak-gerakan kaki adalah salah satu bahasa tubuh yang menunjukkan perilaku gugup atau bingung.

Namun sebuah penelitian terbaru dari para ahli di University of Missouri School of Medicine mengungkapkan bahwa, menggerak-gerakan kaki mampu memberikan manfaat kesehatan yang cukup baik bagi tubuh. Dilansir dari hellosehat, begini nih manfaatnya. Simak, yuk!

Bukan cuma sebuah ekspresi, perilaku menggerak-gerakan kaki ini bisa mencegah kamu dari penyakit arteri perifer.

Penyakit arteri perifer adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh penumpukan plak yang menyempit pada arteri. Hal ini bisa mengakibatkan darah tidak mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh.

Dengan kamu menggerak-gerakkan kaki, maka hal itu akan memicu peredaran darah menuju tungkai bawah yang dapat memberikan gesekan cukup intens pada arteri. Inilah yang berguna untuk mencegah terjadinya penumpukan plak.

Daripada mager buat olahraga atau CFD ala-ala, menggerak-gerakkan kaki di tempat duduk juga bisa bakar kalori kamu lho.

Gerakkan kaki sederhana ini memang memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan. Hal ini dibuktikan oleh para peneliti di American Association for the Advancement of Science yang mengungkapkan bahwa, menggerak-gerakan kaki mampu membakar kalori hingga 350 kalori atau setara dengan sepiring gado-gado sayur. Pembakaran kalori ini juga mampu mencegah obesitas, penyakit jantung dan diabetes.