4 Alasan Kenapa Manfaat Berkebun Itu Menjadi Sebuah Hobi yang Berfaedah

0
1256

Jujur saja, rata-rata orang di Indonesia kurang begitu tertarik dengan hobi berfaedah ini. Mungkin ada sih beberapa orang yang hobi berkebun, yup hanya beberapa. Kekurang tertarikan ini bisa jadi karena kurangnya edukasi perihal manfaat dari berkebun itu sendiri. Nggak bisa kita pungkiri malesnya orang Indonesia itu kayak malesnya beruang yang lagi hibernasi.

Ditambah lagi dengan gaya hidup orang Indonesia yang pada umumnya lebih suka nongkrong atau jalan ke mall-mall. Sebenernya banyak banget manfaat berkebun yang bisa dapetin kalo kita hobi berkebun, begini contoh manfaatnya.

1. Berkebun bisa bikin tubuh kamu makin sehat dan semangat dalam menjalani hidup.

ahloo manfaat berkebun

Saat kegiatan berkebun berlangsung, secara otomatis kamu akan membakar sekitar 280 hingga 380 kalori perjam, lho. Jumlah kalori ini setara dengan kamu jogging selama 30 menit. Gimana nggak enak coba..

2. Kalo kamu orang yang gampang stres, berkebun bisa jadi salah satu teman untuk menurunkan tingkat stres kamu.

ahloo manfaat berkebun

Kegiatan berkebun ternyata bisa mengurangi tingkat resiko stres kita saat depresi dan frustasi. Karena oksigen yang dikeluarkan oleh tanaman ketika berkebun mampu memperlancar peredaran darah di seluruh tubuh dan otak kamu.

3. Berkebun yang berfaedah juga bisa meningkatkan tingkat kreatifitas kamu

ahloo manfaat berkebun

Jangan hanya gadget melulu yang kamu urus, kebun belakang rumah kamu juga butuh perhatian khusus. Daripada mata kamu rusak karena radiasi gadget, berkebun bisa membantu kamu untuk terhubung langsung dengan alam, sehingga memungkinkan kreatifitas kamu mengalir tanpa henti.

4. Disamping bikin sehat, berkebun juga bisa bikin lingkungan rumah kamu jadi lebih sejuk

ahloo manfaat berkebun

Dengan adanya berbagai tumbuhan di sekitar rumah kamu, tentunya akan membuat lingkungan rumah menjadi lebih asri dan sejuk. Terutama buat kamu yang tinggal di daerah perkotaan yang sumpek akan polusi.

Perlu kamu ketahui, tumbuh-tumbuhan dapat mengurangi polusi berlebih dengan cara menyerap emisi karbon dioksida. Jadi jangan heran kalo rumah kamu nanti lebih sejuk dari rumah-rumah lainnya.

Nah tadi adalah beberapa manfaat berkebun yang bisa kamu dapetin kalo kamu seneng berkebun. Gak perlu sering-sering kok, waktu luang atau gabut kamu dirumah juga bisa kamu isi dengan berkebun yang tentunya berfaedah. (SA)